5 Manfaat Buah Kiwi bagi Ibu Hamil

manfaat-buah-kiwi-untuk-ibu-hamil

Amankah Buah Kiwi untuk Ibu Hamil? Mungkin anda memiliki pertanyaan seperti ini, ternyata ibu hamil boleh makan buah kiwi bahkan sangat dianjurkan karena kandungan nutrisi yang ada pada buah kiwi sangat bermanfaat bagi ibu hamil. 

Buah Kiwi merupakan buah beri yang berasal dari tiongkok, buah ini memiliki ciri khas berbulu lembut seperti hewan kiwi dan rasanya asam-asam segar. Buah kiwi ini sangat kaya akan serat, dengan tekstur kulit yang hijau kecoklatan dan daging buah berwarna hijau terang dengan biji-biji kecil hitam yang melingkar, bisa dimakan.

Jika saat ini anda sedang hamil maka perlu mengkonsumsi buah kiwi ini untuk melengkapi nutrisi yang akan disalurkan kedalam janin dan nutrisi yang dibutuhkan ibu saat hamil. Buah Kiwi memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, dan kandungan lainnya.

Buah kiwi bisa ditemukan di supermarket-supermarket, anda dapat membelinya dengan ukuran gram. Untuk harga kiwi per kilogramnya sekitar Rp28.000, anda bisa beli sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapat jika ibu hamil mengkonsumsi buah kiwi.

1. Buah Kiwi membantu mengatasi Mual

Ibu hamil biasanya sering merasakan mual dan muntah, itu karena terjadi perubahan hormon didalam tubuh ibu. Vitamin B yang terkandung dalam buah kiwi dapat membantu mengatasi rasa mual tersebut, dengan begitu ibu hamil dapat lebih mudah menyerap makanan dan minuman yang dikonsumsi.

2. Membantu Mengatasi Hipertensi selama Hamil

Jika ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi maka perlu mengkonsumsi buah kiwi, karena  dengan mengkonsumsi buah kiwi 3 kali dalam sehari sangat efektif membantu menurunkan hipertensi. Tekanan darah tinggi sering dialami oleh ibu-ibu hamil, jika tidak segera dinormalkan akan berdampak berbahaya bagi perkembangan janin bahkan dapat menyebabkan resiko lahir prematur.

3. Buah Kiwi Mampu Melindungi DNA

Buah kiwi memiliki kanduangan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil terutama dalam melindungi DNA bayi. Menurut Dr. Marlyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum mengatakan bahwa buah kiwi juga bisa mencegah timbulnya sel kanker.

4. Buah Kiwi dapat Melancarkan pencernaan

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki banyak serat, bagi ibu hamil yang memiliki gangguan pencernaan maka bisa mengkonsumsi buah kiwi. Jika pencernaan terganggu maka juga akan menganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Anda bisa mengolah buah kiwi menjadi jus atau lainnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

5. Menjaga dan Memelihara Kekebalan Tubuh

Ibu hamil harus menjaga kesehatannya dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, jika ibu sakit juga akan mengganggu perkembangan janin, maka dari itu ibu hamil dapat mengkonsumsi buah kiwi agar kesehatannya tetap terjaga, karena buah kwi mengandung vitamin C dan antioksidan untuk membuah tubuh kebal terhadap serangan penyakit.

Baca Juga : Buah untuk Ibu Hamil

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply