Buah yang banyak mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil Muda

buah-yang-mengandung-asam-folat

Selamat atas usaha anda yang telah membuahkan hasil sehingga anda bisa mengandung, usia kehamilan dihitung sejak terakhir anda datang bulan. Pada trimester pertama anda harus benar – benar memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan janin.

Bagi ibu hamil muda di anjurkan untuk selalu makan makanan yang banyak mengandung Vitamin B9 atau Asam Folat, suatu unsur yang dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih sempurna dan lebih sehat.

Kandungan tersebut banyak terkandung didalam buah – buahan. Berikut ini merupakan buah-buahan yang banyak mengandung asam folat yang wajib dikonsumsi ibu selama hamil, khususnya diusia kehamilan yang masih muda.

1. Buah Pepaya 

Jangan anggap sepele dengan buah pepaya, karena ternyata pepaya atau kates sangat dianjurkan untuk di konsumsi oleh Ibu Hamil, dikarenakan selain berserat juga banyak mengandung Asam folat yang dibutuhkan selama perkembangan janin. Kandungan Asam Folat pada Pepaya (38 mcg/ 100 gram, 10 % AKG)

2. Buah Jeruk

Jeruk banyak sekali jenis nya, ibu hamil juga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi jeruk. Anda bisa membeli jeruk dipasar tradisional dengan harga yang relatif murah, buah jeruk diketahui banyak mengandung Asam Folat 30 mcg/ 100 gram, 8 % AKG.

3. Buah Pisang

Pisang juga banyak mengandung asam folat sehingga ibu hamil juga bisa banyak mengkonsumsi pisang selama mengandung, terutama ketika hamil muda. Begitu penting untuk perkembangan janin, apalagi pisang dijual dengan harga yang murah dan mudah di jumpai. Kandungan Asam Folat pada pisang 20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG.

4. Buah Tomat

Tomat selain dikenal sebagai buah yang dapat mencekah terjadi nya kanker, terutama kanker servik. Tomat juga baik untuk di Konsumsi Wanita yang sedang hamil, karena kandungan Asam Folat yang ada di dalamnya dapat membantu proses perkembangan sel-sel baru pada janin. Kandungan asal folat pada Tomat yaitu 22.3 mcg/ 100 gram, 6 % AKG.

5. Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang paling banyak disukai ibu hamil, karena memiliki rasa yang familiar, hampir semua orang menyukainya. Buah Alpukat juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang mengandung, karena kaya akan kandungan Asam Folat (20 mcg/ 100 gram, 5 % AKG) anda bisa menkonsumsinya dengan cara di buat Jus.

6. Buah Strawberry 

Buah Stawberry sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil muda karena selain banyak mengandung Vitamin A, Kalsium, Kalium juga banyak mengandung Asam Folat yang dibutuhkan selama proses kehamilan. Kandungan Asam Folat yang terdapat pada buah Strawberry yaitu 24 mcg/ 100 gram, 6 % AKG.

Pada dasarnya semua buah sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan, kecuali buah durian. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka nutrisi yang dibutuhkan kandungan dan ibu hamil dapat tercukupi dengan baik. Disamping mengkonsumsi buah, ibu hamil juga harus mengkonsumsi sayur-sayuran seperti Bayam, Kacang-kacangan, Brokoli, Kubis, Seledri, jagung.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.