4 Keuntungan untuk Ibu Hamil Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Keuntungan Bagi Ibu Hamil

Pemerintah memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui program BPJS Kesehatan, layanan bpjs dapat digunakan masyarakat dengan mudah sehingga jumlah pengguna BPJS terbilang sangat besar. Tak terkecuali layanan untuk ibu hamil.

Benar sekali, BPJS Kesehatan memiliki layanan khusus yang diperuntukan bagi kesehatan ibu hamil dimulai dari kehamilan, persalinan hingga pasca melahirkan. Maka dari itu ibu hamil di anjurkan untuk mendaftarkan diri ke BPJS berserta bayi yang ada dalam kandungan.

Untuk mendaftar BPJS anda bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan yaitu KK, Surat Nikah, KTP, Foto 3×4, Buku Tabungan (khusus untuk peserta yang memiliki kelas 1 dan kelas 2), lengkapi juga surat keterangan dari dokter bahwa bayi telah terdeteksi denyut jantung untuk mendaftarkan bayi dalam kandungan.

4 Keuntungan untuk Ibu Hamil Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Berikut ini merupakan keuntungan yang bisa didapat bagi ibu hamil yang telah mendaftar menjadi peserta BPJS. Anda akan mendapatkan bebera layanan kesehatan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi :

1. Layanan Masa Kehamilan

Masa kehamilan membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu selama 9 bulan sehingga kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan bayi perlu diperhatikan dengan baik. Sering kali ibu hamil khususnya yang memiliki ekonomi menengah kebawah tidak rutin mengontrol kesehatan kehamilan karena masalah biaya, Maka dari itu ibu hamil di anjurkan untuk segera mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan selama masa kehamilan dari BPJS tanpa dikenakan biaya.

2. Mendapatan Layanan USG

Salah satu layanan kesehatan yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang sudah daftar bpjs yaitu layanan USG, tindakan medis yang dilakukan untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan. Biaya USG umumnya sebesar Rp100 ribu bahkan ada yang lebih tinggi, biaya tersebut akan ditanggung BPJS Kesehatan ketika USG dilakukan oleh tim medis. (Bukan permintaan sendiri)

Baca Juga : Jatah USG dengan BPJS Kesehatan

3. Layanan ketika Melahirkan

Sesuai dengan ketetapan dalam peraturan, bahwa BPJS Kesehatan akan menjamin biaya ketika melahirkan normal sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Layanan Persalinan ini akan ditanggung peserta yang mengikuti prosedur yang berlaku yaitu berobat ke faskes 1 terlebih dahulu, apabila terjadi keadaaan darurat barulah ibu akan dirujuk ke faskes lanjutan (rumah sakit).

4. Layanan Operasi Caesar

Ketika ternyata terjadi keadaan darurat, dimana ibu harus mendapatkan tindakan medis seperti Operasi Caesar maka layanan ini akan ditanggung BPJS sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anda harus mengikuti prosedur berobat yang ada.

Baca Juga : Operasi Caesar untuk Ibu Hamil

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


1 COMMENT

  1. Sy mau tanya…istri sy skrg sedang hamil 35 minggu,,istri sy juga peserta bpjs,,setelah usg di rumah sakit bayi dlm kandungan ternyata kembar & posisi bayi tidak memungkinkan untuk kelahiran normal jd harus caesar…bisa atau tidak pakai bpjs untuk smua biayanya…terimakasih

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.