Waktu yang tepat untuk tes kehamilan menggunakan test pack

strip-tespek-onemed

Kehadiran seorang bayi selalu dinantikan bagi setiap pasangan terutama bagi pengantin baru, seorang istri akan hamil setelah berhubungan dengan suami namun kapan dia akan hamil tergantung dari masing-masing orang. Ada yang 1 bulan, ada yang 3 bulan, ada yang 6 bulan, ada yang 1 tahun, ada juga yang hingga bertahun-tahun baru hamil.

Kehamilan merupakan proses alamiah dimana sel telur berhasil dibuahi sperma, kemudian sel telur tersebut akan menempel pada lapisan rahim seorang ibu. Proses ini dinamakan dengan implantasi. Setelah itu plasenta akan terbentuk dan menghasilkan hormon HCG.

HCG merupakan singkatan dari gonadotropin chorionic, sebuah hormon kehamilan yang masuk kedalam urine dan darah. Hormon ini akan meningkat dengan cepat selama awal kehamilan dan kadar hormon inilah yang akan diukur melalui alat tes kehamilan atau test pack.

Test pack banyak sekali jenis nya namun yang paling umum digunakan yaitu testpack onemed. Salah satu alat tes kehamilan dalam bentuk strip yang memiliki tingkat keakuratan 99,9%. Tespek ini tersedia diapotik-apotik dan dijual dengan harga yang terjangkau yaitu Rp5000/pcs.

Cara Mengetahi kehamilan menggunakan tespek sangat mudah, yaitu cukup mencelupkan strip ke urine yang telah ditampung didalam wadah. Namun cara instan ini terkadang tidak selalu memberikan hasil yang akuran, apalagi jika dilakukan pada waktu yang kurang tepat.

Walaupun memang setiap tespek mengklaim tingkat keakuratan dalam pengecekan kehamilan namun ada waktu yang tepat namun anda jangan terburu-buru untuk melakukan pengecekan menggunakan testpack, sebaiknya anda melakukan tes kehamilan menggunakan testpack setelah keterlambatan haid 1 minggu, itu karena hormon HCG dalam urine terlalu sulit untuk dideteksi.

Butuh waktu sekitar 9-12 hari sejak sel terlur berhasil dibuahi hingga hormon HCG dapat terdeteksi didalam urine. Apabila sudah tidak sabar menunggu untuk mengetahui bahwa anda hamil atau tidak maka disarankan untuk pergi ke dokter spesialis kandungan untuk cek melalui darah, hasilnya jauh lebih akurat walaupun membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan testpack.

Ada tanda-tanda kehamilan yang akan anda rasakan, jika tanda-tanda ini ada pada diri anda maka itu merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan menggunakan tespek.  Berikut tanda – tanda kehamilan :

  • Kram seperti nyeri haid.
  • Pendarahan ringan atau bercak darah
  • Payudara terasa nyeri dan tampak lebih besar
  • Tidak seperti biasanya kamu merasa mual, kelelahan, tidak nafsu makan, serta sering buang air kecil.

Namun tidak ada salahnya jika anda ingin menggunakan testpack kehamilan kapan saja. Apalagi harga dari testpack sangat murah sehingga bisa didapat dengan mudah. Jika hasilnya negatif atau invalid maka bisa beli lagi dan dicoba ulang. Waktu yang tepat hanya untuk mengetahui hasil yang lebih akurat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply