Inilah Pentingnya Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan

BPJS merupakan suatu badan penyelenggara jaminan kesehatan milik pemerintah, BPJS terdapat 2 jenis yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, anda bisa baca artikel kami sebelumnya mengenai perbedaan diantara kedua. Bagi anda yang bekerja disuatu perusahaan apakah anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS? 

Yang kami maksud disini adalah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan? Apakah anda memiliki keraguan untuk mendaftarkan diri anda, karena ternyata masih banyak para pekerja yang bertanya mengapa kita harus mengikuti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dimana kita harus rela, gaji kita terpotong untuk membayar iuran peserta BPJS.

BPJS merupakan suatu badan penyelenggara perlindungan kesehatan milik pemerintah, untuk menjalankan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). JKN berwujud BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dan sistemnya menggunakan sistem asuransi kesehatan dengan biaya premi yang murah dan terjangkau berdasarkan kemampuan masyarakat.

BPJS ketenagakerjaan berbeda dengan BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), suatu lembaga jaminan sosial yang sebelumnya dikelola oleh PT. Jamsostek (Persero).

Perubahan Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan diatur adalam UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, sejak tanggal 1 Januari 2014. BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2015. Melalui BPJS Ketenagakerjaan Pemerintah memilik tujuan untuk melindungi para pekerja dari risiko-risiko sosial ekonomi di kemudian hari.

Risiko-risiko yang ditanggulangi memang bersifat mendasar, yaitu:

  • – Peristiwa kecelakaan
  • – Sakit
  • Hamil
  • – Bersalin
  • – Cacat
  • – Hari tua
  • – Meninggal dunia

Dengan perlindungan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan dapat memproteksi diri dari berbagai jenis resiko dalam bekerja. Bergabunglah dengan BPJS Ketenagakerjaan segera, jalani dengan penuh iklas. Tentu akan ada manfaat yang dirasakan dibandingkan dengan yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply