5 Tips Agar Tetap Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

5 tips sehat selama menjalankan puasa ramadhan

Saat ini kita sudah memasuki bulan ramadhan, dimana bagi setiap muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa yaitu tidak makan, tidak minum, dan menjaga hawa nafsu lainnya.

Karena di bulan ramadhan kita di wajibkan untuk berpuasa (tidak makan dan tidak minum) mulai dari waktu imsak hingga berbuka puasa. Agar tubuh tetap sehat dan produktif selama menjalankan ibadah puasa seharian maka kami menyiapkan beberapa tips untuk anda semua.

5 Tips Agar Tetap Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Simak baik-baik tips yang akan kami bagikan untuk anda semua, kami harap anda dan keluarga tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa setelah membaca tips sehat dari panduanBPJS.com berikut ini :

1. Merencanakan Dengan Baik Menu Sahur dan Berbuka

Sebelum menjalankan puasa disunahkan untuk bangun dan makan sahur terlebih dahulu. Anda perlu merencanakan menu sahur yang sehat untuk di konsumsi, yaitu makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang cukup, sediakan buah-buahan dan sayur.

Saat sayur alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang pedas, bersantan dan berminyak tinggi, serta makanan-makanan instan. Ini merupakan makanan yang harus di hindari saat sahur.

Kemudian, juga perlu merencanakan menu berbuka yang sehat juga yaitu perlu menghidangkan makanan 4 sehat lima sempurna, untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang termasuk perbanyak minum air putih.

2. Kontrol ke Dokter jika Merasa tidak Sehat

Ketika anda merasa kurang sehat, sebaiknya pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Sehingga dokter dapat memberikan solusi (obat) yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan yang anda hadapi selama bulan puasa.

Dengan begitu puasa tetap bisa anda laksanakan dengan baik. Penyakit yang sering dialami oleh orang yang berpuasa adalah Maag, Asam Lambung, Kepada Pusing, Flu, Panas Dalam, Masuk Angin atau Demam, dll.

3. Mengkontrol Jumlah Asupan

Di bulan ramadhan kita hanya bisa makan dan minum di waktu berbuka yaitu mulai Magrib hingga menjelang subuh, menghadapi kondisi ini kita perlu mengkontrol jumlah asupan yang masuk, jangan sembarangan apa yang kita inginkan langsung di makan.

Makanan yang paling baik dan diperbanyak adalah mengkonsumsi buah-buahan dan madu. Ini akan lebih menjaga kesehatan tubuh dibandingkan sering makan cemil-cemilan atau makanan yang di goreng-goreng.

4. Kurangi Rokok dan Kafein

Kurangi merokok atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, jika bisa berhenti itu lebih baik. Tidak merokok dan mengurangi kafein akan menjaga kesehatan tubuh karena dapat menjaga kecukupan air dalam tubuh selama berpuasa.

5. Olahraga Ringan tetap Dijalankan

Selama menjalankan ibadah puasa bukan berarti bergenti untuk berolahraga. Olahraga yang dilakukan orang yang berpuasa lebih ringan, seperti berjalan kaki diwaktu pagi, perenggangan otot-otot..

Hal ini dilakukan agar peredaran darah dalam tubuh dan kerja otot tetap baik. Hindari jika merasa lemah, pusing dll.

Demikian tips yang dapat kami sampaikan untuk anda di rumah, semoga puasa anda berjalan dengan baik dan tetap sehat selama menjalankan puasa ramadhan.. Terima kasih.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI