7 Tips Menurunkan Resiko Serangan Jantung

tips menurunkan resiko penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang paling utama memiliki fungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh. Sebelum terlambat, kita perlu menjaga kesehatan jantung agar dapat berfungsi dan bekerja dengan baik.

Gaya hidup seseorang saat ini sangat rentang mengalami penyakit jantung, karena faktanya penyebab kematian paling utama adalah penyakit jantung. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab penyakit jantung yaitu faktor usia, darah tinggi, kolestrol tinggi, diabetes, stress.

Maka dari, pada kesempatan kali ini kami dari PanduanBPJS.com akan memberikan 7 tips untuk menurunkan resiko penyakit serangan jantung yang mudah-mudahan tidak terjadi pada anda.

1. Berhenti Merokok Sekarang Juga

Hampir semua orang kita lihat mengkonsumsi rokok yang pada dasarnya tidak memberikan manfaat sama sekali, justru dapat mengganggu kesehatan termasuk memicu serangan jantung.

Orang yang merokok baik itu aktif maupun pasif memiliki resiko lebih besar menderita penyakit jantung koroner. Setiap tahun angka kematian yang disebabkan oleh Rokok terus meningkat, maka berhentilah merokok sekarang juga.

2. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Bagi sebagian orang minum alkohol sudah menjadi kebiasaan sama hal nya seperti rokok, padahal sudah jelas bahwa minuman beralkohol dapat menggagu kesehatan termasuk terkena serangan jantung.

Agama pun sudah melarang karena alkohol termasuk dalam minuman khomr (haram). Tentu ada alasan diharamkannya minuman beralkohol, selain dapat menyebabkan penyakit jantung juga menyebabkan seseorang tidak bisa masuk kedalam surga.

3. Jangan Terlalu Banyak Berhutang

Hutang merupakan sebuah pinjaman yang harus dibayar atau dikembalikan kepada pemiliknya. Penyakit jantung juga dapat disebabkan karena terlalu banyak hutang, apalagi hutang pada Bank / rentenir yang membuat seseorang kesulitan untuk membayar karena bunga yang besar.

Semakin seseorang terlilit hutang dan terus ditekan untuk segera membayar hutangnya, maka pikiran akan menjadi stress. Sedikit banyak pasti akan mengganggu kesehatan jantung.

Untuk itu segera lunasi hutang dan berhenti hutang.

4. Kurangi Mengkonsumsi Gula

Apabila seseorang mengkonsumsi banyak gula tanpa ada pembakaran maka dapat memicu terjadinya penyakit diabetes. Bahkan bukan hanya diabetes saja, tapi juga dapat berlanjut menjadi penyakit jantung.

Untuk itu kami sarankan untuk mengurangi asupan gula, gula dapat berasal dari minuman manis, makanan manis, dan sebagainya. Kurangi mengkonsumsi gula agar tidak terjadi gangguan diabetes dan penyakit jantung.

5. Perhatikan Makanan yang di Makan

Memilih makanan yang sehat dapat mengurangi resiko serangan jantung hingga 25%, maka dari itu perbanyak makan sayur-sauiran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung serat lainnya serta memperbanyak sumber protein dari kacang-kacangan, ikan, dan kurangi daging merah.

Jika anda suka makan daging atau jeroan, maka anda perlu membatasi diri (tidak berlebihan) namun bila anda sudah memiliki gejala resiko penyakit jantung maka lebih baik di stop saja.

6. Menjadi Orang yang Sabar dan Murah Senyum

Orang yang suka marah-marah lebih cenderung terkena serangan jantung, karena memang emosional dapat memicu resiko gangguan kesehatan jantung. Maka dari itu, jadilah orang yang bisa ikhlas, sabar dan murah senyum.

7. Orangraga Rutin Setiap Pagi

Sempatkan waktu setelah shalat subuh untuk melakukan olahraga, baik itu hanya sekedar jalan-jalan pagi, jogging pagi atau senam pagi. Rutinitas ini akan membantu anda menurunkan resiko penyakit jantung.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI