7 Jenis Makanan Sehat untuk Menu Buka Puasa

Ramadhan adalah waktu yang paling ditunggu bagi semua umat islam di seluruh Dunia, karena Allah SWT melipat gandakan amal ibadah manusia. Umat islam memiliki kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa 1 hari penuh selama 30 hari.

Dalam menjalankan ibadah puasa, umat islam harus bisa menahan semua hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenam matahari (magrib), termasuk menahan rasa lapar dan haus seharian.

Agar puasa berjalan lancar maka di anjurkan untuk melaksanakan makan sahur terlebih dahulu sebelum berpuasa. Kemudian, setelah matahari terbenam, orang yang berpuasa boleh berbuka.

Bagi orang yang berpuasa semua makanan dan minuman terlihat sangat melezatkan, dan pada saat waktu buka puasa tiba, anda jangan sembarangan dalam makan dan minum sesuatu, perlu dipikirkan juga kesehatannya.

Menjaga kesehatan selama berpuasa sudah menjadi keharusan, agar puasa dapat diselesaikan tanpa bolong. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memperhatikan menu buka puasa.

Saat puasa tubuh kita mengalami kehilangan banyak energi dan cairan, maka dari itu kita perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Pada kesempatan ini, kami telah merangkum 7 makanan sehat yang dapat anda konsumsi saat buka puasa.

1. Buah-Buahan Segar

Sudah seharusnya buah-buahan segar ada didalam meja makan, karena buah memiliki vitamin yang lengkap dibandingkan makanan lainnya, tak hanya itu buah juga kaya akan serat dan dapat mengembalikan energi yang hilang dengan cepat.

Anda dapat memilih buah-buahan yang terjangkau seperti pisang, semangka, jeruk, kelengkeng, pir, atau lainnya. Buah yang paling direkomendasikan adalah buah yang banyak mengandung air untuk mencegah terjadi dehidrasi.

2. Sayur – Sayuran

Sebagai ibu yang bertugas untuk memasak dan menyiapkan makanan untuk keluarga, maka wajib untuk memasak sayur untuk di santap. Sayur merupakan makanan yang sanagt mudah di cerna dan mengandung banyak zat hijau daun yang baik untuk tubuh.

Ibu boleh mengolah sayur – sayuran menjadi berbagai jenis masakan seperti sop, tumis sayuran (daun daunan atau kacang-kacangan), atau hanya sekedar menjadi kuluban juga boleh. Sayur wajib ada saat berbuka puasa !!

3. Madu Murni

Dari zaman dulu madu menjadi sumber makanan yang mengandung obat tinggi untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Memperbanyak mengkonsumsi madu, baik diminum secara langsung atau dicampur dengan minuman lain akan membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Madu berperan penting dalam metabolisme tubuh sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu dapat membangkitkan stamina dan energi dalam tubuh.

4. Buah Kurma

Walaupun tadi sudah kami sebutkan bahwa buah adalah makanan yang paling baik sebagai sumber nutrisi. Tapi, kurma menjadi salah satu buah yang spesial saat bulan ramadhan.

Kurma mengandung nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, maka dari itu, kurma menjadi salah satu makanan yang cocok di konsumsi saat buka dan sahur, karena kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang rendah kalori.

5. Ikan-Ikanan

Segera pergi ke pasar untuk membeli ikan, boleh ikan laut atau ikan kali. Karena ikan memiliki kandungan protein yang tinggi untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh. Selain itu, ikan juga kaya akan omega 3 , vtiamin D, vitamin B2 dan antioksidan.

Wajib makan ikan saat buka atau sahur, boleh di goreng, di bakar, di panggang atau lainnya. Ini akan membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang dan menjaga kesehatan selama berpuasa.

6. Telur Ayam atau Bebek

Telur masih menjadi sumber protein yang tinggi sama dengan ikan, sebaiknya telur yang dikonsumsi adalah telur ayam kampung atau telur bebek. Telur sangat mudah dicerna oleh tubuh, tak hanya mengandung protein, telur juga kaya akan asam amino.

7. Susu 

Saat berbuka atau sahur, sebaiknya anda mengkonsumsi susu. Bila perlu susu murni, karena mengandung energi dan kalsium yang tinggi. Sehingga walau anda berpuasa, kebutuhan kalsium tetap terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.