7 Penyakit Kronis di Usia Muda

Penyakit itu tidak hanya menyerang orang-orang yang sudah tua saja, tapi anak – anak muda jaman sekarang sudah banyak yang terkena penyakit. Hal ini terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak sehat sehinga mudah terserang penyakit bahkan penyakit kronis.

Berdasarkan telusuran kami ada beberapa jenis penyakit serius atau penyakit kronis yang juga menyerang anak muda sekarang seperti telah di terbitkan di halaman foxnews, dan kami juga memberikan cara pencegahannya agar penyakit tersebut dapat dihindari.

Penyakit Stroke juga dialami anak muda
Penyakit Stroke juga dialami anak muda

1. Penyakit Melanoma

Merupakan penyakit yang menyerang kulit, penyakit ini dapat dihindari yaitu anda jangan terlalu sering berjemur dibawah sinar matahari langsung antara pukul 10 pagi sampai 2 siang tanpa menggunakan pelindung. Jika anda yang bekerja dilapangan maka disarankan untuk menggunakan Sun Protecting Faktor (SPF-30).

Usai paling rentan: 50-an tahun ke atas
Bisa kena sejak: Remaja akhir serta usia 20-an awal

2. Penyakit Osteoporosis

Penyakit Osteoporosis atau yang sering dikenal dnegan penyakit pengeroposan tulang, penyakit ini sangat rentan diderita oleh orang yang berusia 65 tahun keatas, tapi jika tubuh kekurangan kalsum dan vitamin D pada usia muda atau merokok maka cenderung akan memiliki resiko terkena penyakti ini. Maka dari itu perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, Olahraga yang teratur.

3. Penyakit Stroke

Penyakit Stroke masuk dalam kategori penyakit kronis karena penderita akan mengalami kelumpuhan pada bagian tubuhnya. Penyakit ini lebih sering menyerang orangtua (usai 65 tahun), tapi juga banyak usai antara 20 tahun – 40 tahun sudah terkena stroke, karena gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, maka dari itu disarankan kepada anda untuk mengkonsimsi makanan berlemak baik , dan perbanyak makan makanan yang mengandung asam omega 3, seperti ikan karena baik untuk jantung dan pembuluh darah.

4. Kanker Payudara

Penyakit ini sangat membahayakan sekali, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian, penyakit ini banyak dialami oleh kaum wanita yang menginjak usia remaja, apabila tidak bisa menjaga berat badan tetap ideal, kurang olahraga, merokok, minum alkhohol dll. Jika ada benjolan didaerah payudara maka segera periksakan diri ke dokter.

5. Penyakit Alzheimer

Ini merupakan salah satu jenis kepikunan yang susah dilawan karena merupakan efek dari proses penuaan. Namun beberapa hal bisa dilakukan untuk memperlambat kemunculannya, misalnya dengan rajin mengisi teka-teki silang, belajar bahasa asing dan juga bermain musik.

Usia paling rentan: 50 hingga 60-an tahun
Bisa kena sejak: 30-an tahun.

6. Penyakit Asam Urat

Penyakit ini muncul ketika seseorang sudah memasuki usia 45-60an tahun, tapi hal ini dipicu karena saat muda kurang berolahraga, banyak mengkonsumsi alkohol, dan lainnya. Baca Selengkapnya : Asam Urat

7. Diabetes tipe-2

Penyakit ini Berbeda dari diabetes tipe 1 yang merupakan kondisi bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 jauh lebih memungkinkan untuk dicegah. Kuncinya hanya 2, yakni pola makan seimbang dan rendah kalori serta aktivitas fisik yang juga seimbang dengan asupan kalorinya.

Baca Juga : Penyakit Diabetes ditanggung BPJS

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.