Nunggak bayar BPJS 5 Tahun, Ini Cara Bayar Tagihannya

Telat Bayar Iuran 5 Tahun

Kepesertaan BPJS adalah seumur hidup, itu artinya tidak ada batasnya. Masyarakat wajib mendaftarkan diri beserta anggota keluarganya menjadi peserta BPJS, dengan memilih jenis kepesertaan yaitu peserta mandiri, peserta perusahaan atau PBI.

Khusus untuk peserta Mandiri memiliki kewajiban membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih. BPJS Kesehatan menyediakan 3 pilihan kelas yaitu kelas 1 dengan iuran Rp80.000 perorang per bulan, kelas 2 dengan iuran Rp51.000 per orang perbulan, dan kelas 3 dengan iuran Rp25.500 per orang perbulan.

Iuran yang dibayarkan peserta merupakan bentuk gotong royong, dimana dana yang masuk akan digunakan untuk biaya pengobatan peserta yang sakit (yang membutuhkan), begitu juga ketika anda sakit. Iuran peserta tidak bisa dicairkan, karena ini bukan tabungan atau investasi.

Apabila peserta tidak membayar iuran atau telat lebih dari 1 bulan sejak tanggal 10 maka penjaminan kesehatan kepada peserta dihentikan sementara sampai peserta yang bersangkutan melunasi tunggakannnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tidak bayar BPJS 5 Tahun

Dalam hal terdapat keterlambatan pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan lebih dari I (satu) bulan sejak tanggal 10 maka Penjaminan Peserta diberhentikan sementara.

Pemberhentian sementara penjaminan peserta sebagaimana dimaksud berakhir dan status kepesertaan aktif kembali apabila peserta membayar iuran bulan tertunggak paling banyak untuk waktu 12 bulan 1 bulan = Total 13 bulan yang harus dibayarkan.

“Jadi jika terlambat lebih dari 1 tahun maka yang wajib dibayar hanya 12 bulan+1 bulan kedepan, jika anda telat 5 tahun dan anda terdaftar di kelas 2 maka untuk mengaktifkan kepesertaan anda harus melunasi iuran sebesar Rp663.000 dan anda harus membayar iuran lagi perbulan seperti biasa setelah 1 bulan sejak diaktifkannya status kepesertaan anda”. 

Untuk channel pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang saat ini sudah menerima pembayaran yaitu melalui ATM BRI, BNI, BTN, Mandiri, BCA, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Kantor pos, Pegadaian, Apotek K 24, Circle K, Lawson, Tokopedia, Dompetku, Akulaku, Paytren, Go Pay, Loket-loket resmi PPOB lainnya. Terima kasih.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.