Telat Bayar Iuran Lebih 1 Tahun, Peserta Cukup Bayar Iuran Bulan tertunggak paling banyak 13 Bulan

Telat Bayar Iuran Lebih 1 Tahun

Telat Bayar Iuran Lebih 1 Tahun

Setiap peserta BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran peserta setiap bulannya untuk semua anggota keluarga yang terdaftar dalam 1 kartu keluarga. Apabila peserta telat bayar iuran maka status kepesertaan akan dinonaktifkan sementara sampai peserta yang bersangkutan melunasi tunggakannya.

Disini kami telah merangkum tanya-jawab antara Peserta BPJS dan BPJS Kesehatan yang berkaitan dengan telat bayar iuran yang lebih dari 1 tahun (misal telat 2 tahun, 3 tahun, 4 tahun dan seterusnya). Berapa tagihan yang harus dibayar peserta? Maka dari itu untuk lebih jelaskan silahkan baca conversation berikut ini :

Peserta BPJS :

Maaf, kok sistemnya memberatkan ya? Masuk BPJS sangat mudah, tetapi untuk keluar dari BPJS tidak memungkinkan. Iuran wajib dibayar, artinya jika peserta tidak membayar iuran, maka tunggakan semakin besar. Pelayanan administrasi publik dihentikan jika tunggakan sudah melanggar peraturan BPJS.

Belum lagi pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama BPJS yg tidak bisa didapatkan di seluruh wilayah indonesia jika tidak dalam keadaan darurat. Mohon dipermudahlah pak/bu, peraturannya cukup menyulitkan untuk kami kaum kecil ini.

BPJS Kesehatan : 

Salam sehat…

Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia dan kepesertaan berlaku seumur hidup.

Apabila peserta tidak mampu membayarkan iuran, Silahkan melakukan pengajuan sebagai penerima bantuan iuran (PBI) melalui pihak dinas sosial setempat.Persyaratan yang harus di lampirkan ke dinas sosial.

SKTM ( surat keterengan tidak mampu ) dari Rt,Rw dan Kelurahan, Ktp dan Kartu keluarga.

Apabila peserta JKN-KIS membutuhkan pelayanan kesehatan ketika sedang berada diluar wilayah tempat faskes tingkat pertamanya terdaftar ( misalnya dikarenakan tugas/cuti/liburan ) maka peserta dapat dilayani di faskes tingkat I pertama yang terdekat dengan ketentuan maksimal kunjungan 3 ( tiga ) kali, kecuali dalam kondisi gawat darurat. Jika emergency atau gawat dan darurat bisa langsung ke rumah sakit masuk melalui UGD/IGD.

Mari kita dukung program JKN-KIS. Dengan gotong royong semua tertolong. Terima kasih.

Peserta BPJS :

Bagaimana jika tunggakannya sudah melebihi batas jumlah nominal dan waktu yg ditentukan? Apakah status kepesertaannya hilang?

BPJS Kesehatan : 

Dalam hal terdapat keterlambatan pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan lebih dari I (satu) bulan sejak tanggal 10 Penjaminan Peserta diberhentikan sementara. Pemberhentian sementara penjaminan peserta sebagaimana dimaksud berakhir dan status kepesertaan aktif kembali apabila peserta membayar iuran bulan tertunggak paling banyak untuk waktu 12 bulan 1 bulan = Total 13 bulan yang harus dibayarkan.-

Peserta BPJS: 

Kalau misalnya telat 10 tahun, tidak bayar iuran bagaimana pak/bu?

BPJS Kesehatan :

Ketentuan yang berlaku saat ini jika ada tunggakan maka bayarkan 12 bulan tunggakan ditambah 1 bulan pada saat pelunasan, total 13 bulan.

Peserta BPJS :

Berarti yg disebut menunggak hanya sampai 13 bulan y pak/bu? Lebih dari situ tidak terhitung lagi?

BPJS Kesehatan :

Benar, sesuai dengan ketentuan saat ini (Perpres no.19 tahun 2016) maka bayarkan 12 bukan bulan tunggakan ditambah 1 bulan pada saat pelunasan, total 13 bulan. 

Peserta BPJS :

Oh, terimakasih atas informasinya pak/bu. Semoga BPJS semakin baik…

BPJS Kesehatan : 

Terima kasih kembali, semoga sehat selalu.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.