Tarif Iuran BPJS Terbaru Berdasarkan Kelas

Iuran BPJS Kesehatan berdasarkan Kelas

Peserta Bpjs terbagi menjadi 2 kategori yaitu peserta penerima bantuan iuran (disebut : Peserta PBI) merupakan masyarakat yang memiliki strata ekonomi tidak mampu yang telah didata oleh kelurahan untuk mendapatkan bantuan dan Peserta Mandiri yang membayar sendiri iuran wajib setiap bulannya.

PBI terdaftar melalui Dinas Sosial sedangkan peserta mandiri mendaftar sendiri ke Kantor BPJS, peserta mandiri masuk dalam kelompok masyarakat yang terbilang mampu atau memiliki ekonomi menengah keatas. Sehingga mereka diwajibkan membayar iuran sendiri.

Khusus untuk peserta Mandiri terdapat beberapa kelas yang masing – masing berbeda besar iurannnya. Dimulai kelas 1 dengan iuran Rp80 ribu perbulan, kelas 2 dengan iuran Rp 51 ribu perbulan dan kelas 3 dengan iuran Rp25.500 perbulan.

Iuran Kelas 1 : Rp 80.000

Besar iuran tersebut telah ditetapkan presiden dalam keputusan yang didasari Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Peserta BPJS kelas 1 mendapatkan fasilitas yang paling baik jika dibandingkan dengan peserta kelas lainnya. Peserta kelas 1 akan mendapatkan hak kelas 1  Peserta kelas 1 akan dirawat bersamaan dengan peserta kelas 1 lainnya sesuai dengan jumlah tempat tidurnya, biasanya kamar tersedia 2-4 tempat tidur.

Bagi peserta bpjs kelas 1 yang menginginkan perawatan di kamar VIP maka bisa melakukan pengajuan pindah kamar. Apabila disetujui maka peserta akan segera dipindahkan di kamar VIP.

Iuran Kelas 2 : Rp51.000

Iuran yang harus dibayar peserta kelas 2 yaitu sebesar Rp51.000, juga telah diatur dalam PP No.19 Tahun 2016. Peserta mendapatkan fasilitas 1 tingkat dibawah kelas 1. Biasanya kamar berisi 3-5 tempat tidur.

Peserta kelas 2 memiliki hak untuk naik kamar perawatan, jika menginginkan pindah kamar ke kelas 1 maka bisa mengajukan ke bagian terkait. Jika pengajuan disetujui maka peserta akan dipindahkan sesuai dengan hak nya. Tapi tidak bisa naik ke kelas VIP kecuali bayar sendiri.

Iuran Kelas 3 : Rp25.500

Peserta kelas 3 diwajibkan membayar iuran setiap bulan sebesar Rp25.500 ini merupakan zona bagi peserta yang memiliki ekonomi kelas rendah. Fasilitas rawat yang didapat peserta kelas 3 yaitu kamar perawatan dengan jumlah tempat tidur sekitar 4-6 buah.

Peserta memiliki kesempatan untuk pindah naik kelas diatasnya, namun untuk kelebihan biaya ditanggung sendiri. Begitu juga dengan tarif INA-CBGS, peserta diwajibkan untuk membayar selisih biaya perawatan yang diterima.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply