Tanya Jawab Mengenai Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS

Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS

Kewajiban peserta BPJS yaitu membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih, dan hak peserta yaitu mendapatkan layanan kesehatan di faskes yang telah dipilih. 

Memilih kelas di sesuaikan dengan kemampuan bayar iuran saja, karena banyak peserta yang memilih kelas 1 tapi tidak bayar iuran dengan alasan besar iuran terlalu memberatkan, maka dari itu jika tidak mampu dengan iuran kelas 1 maka pilih kelas dibawahnya.

Jika peserta tidak membayar iuran tepat waktu sesuai dengan jatuh tempo maka status kepesertaan nya akan di nonaktifkan. Untuk mengaktifkannya lagi cukup melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar, perlu anda ketahui bahwa tidak ada denda keterlambatan bayar.

1. Kapan Jatuh Tempo Pembayaran Iuran BPJS

Silahkan anda bayar iuran peserta paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, jika ternyata pada tanggal 10 nya jatuh pada hari libur maka bisa iuran bisa dibayar pada hari kerja berikutnya.

2. Bagaimana jika Peserta telat bayar iuran lewat dari tanggal 10?

Saat ini denda telat bayar sudah tidak ada, namun bagi peserta yang telat bayar iuran sejak tanggal 10 maka status kepesertaan akan dihentikan sampai tagihan iuran dilunasi.

3. Cara mengaktifkan kembali status yang tidak aktif jika telat bayar?

Ternyata banyak sekali peserta bpjs yang tidak memenuhi kewajibannya, sehingga status kartu bpjs di nonaktifkan karena tidak bayar iuran. Untuk mengaktifkan kembali cukup lunasi iuran yang tertunggak, maksimal 12 bulan. Maksudnya : Jika telat lebih dari 12 bulan maka cukup bayar 12 bulan saja.

4. Apakah ada denda jika peserta terlambat bayar iuran peserta?

Perlu anda ketahui bahwa saat ini tidak ada denda terlambat bayar iuran, ingat !! tidak ada.  Terhitung tanggal 1 Juli 2016 denda telah dihapus, namun diganti dengan denda rawat inap. Maksudnya akan dikenakan denda jika peserta yang bersangkutan menjalani rawat inap.

Adapun Penjelasannya sebagai berikut : Penjelasan Denda Rawat Inap

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. @Zeta: Ya, sebenernya sih bukan denda tapi pasien harus membayar biaya rumah sakit 2,5% dari biaya rawat inap, sisanya akan ditanggung BPJS Kesehatan dan maksimal 30 juta

  2. Min saya telat bayar bpjs 7 hari saja dan sudah saya lunasi hari ini tapi ternyata bapak saya harus dirawat inap dan pihak rs bilang bahwa bpjs tsb ada dendanya..mohon penjelasannya min.terima kasih

  3. @Welly: membayar iuran bpjs bersifat akumulatif untuk semua anggota dalam 1 KK maka tidak bisa hanya salah satu saja, melainkan harus semua nya di lunasi… tx

  4. Kalau belum bayar beberapa bulqn dalam 1 kk apakah bisa bayar 1 orang dahulu untuk keperluan yg mendadak?

  5. Suami saya sudah tidak bisa kerja lagi ,,akibat dari kecelakaan sehingga pembayaran berhenti udah mau satu tahun ,,apkah kami sekeluarga tidak akan ada tuntutan dari pihak bpjs?

  6. tgl 8-09-2017 sy bayar bpjs, tagihan jadi Rp.0, tp pada tgl 11-09-2017 saya cek lagi tagihan sy muncul lagi, itu bagaimana ? tolong di jawab

  7. Pagi, saya mau tanya, BPJS saya belum saya bayar sekitar 4 bln, dan saya akan melunasinya skrg, terus apakah setelah saya sdh membayar tunggakannya kartu saya sdh bisa dipakai lagi? atau harus ke kantor BPJS untuk mengaktifkan kembali.?

  8. Sya mau tanya..

    Bulan pertama sampe ke 3 saya bayar tngl 1 perbulan.. cuma bulan sekarang saya bayar lwt dr tangl 5 knp saya mau bayar tidak bisa mohon penjelasannya kenapa

Tinggalkan Komentar