Tabel Rincian jika Peserta ingin Naik Kelas Rawat Inap

Pindah Kelas Rawat Inap

Peserta BPJS Kesehatan berobat menggunakan kartu BPJS yang mereka miliki, namun sebelumnya pastikan status nya masih aktif yaitu tidak memiliki tunggakan iuran. Apabila peserta menjalani rawat inap maka biaya nya akan ditanggung BPJS Kesehatan tentunya rawat inap yang manjadi hak nya sesuai dengan kelas yang dipilih.

Namun, peserta juga boleh pindah kelas ruang rawat inap ke yang lebih rendah maupun ke yang lebih tinggi, apabila peserta pindah ke kelas rawat inap diatasnya maka peserta yang bersangkutan wajib membayar selisih atau biaya tambahan dari biaya yang menjadi tanggungan bpjs berdasarkan kelas kepesertaan.

Ketentuan biaya ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No.4 tahun 2017, maka dari itu untuk menghindari biaya tambahan maka peserta dianjurkan untuk mengambil kelas perawatan sesaui dengan haknya. Berikut ini berupakan tabel rincian jika peserta ingin naik kelas rawat inap yang telah diterbitkan BPJS Kesehatan.

Tabel Rincian Pindah Kelas Rawat Inap
Tabel Rincian Pindah Kelas Rawat Inap

Itulah rincian nya jika peserta melakukan pindah kelas rawat inap, yaitu akan dikenakan biaya tambahan dan harus dibayar pribadi (tidak ditanggung BPJS). Nah untuk tidak dikenakan biaya selisih maka gunakan kelas perawatan sesuai dengan hak anda, jika anda terdaftar kelas 3 maka gunakan kelas perawatan kelas 3, jika anda kelas 2 maka gunakan kelas perawatan kelas 2 dst.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.