Syarat Pindah Kelas BPJS Kesehatan, Silahkan Baca Penjelasan Ini

syarat pindah kelas bpjs mandiri

Saat mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri kita akan diminta mengisi formulir pendaftaran dan menentukan kelas kepesertaan yang diinginkan. Kita tahu bahwa ada 3 kelas yang dapat dipilih yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 yang berbeda iuran setiap bulannya.

Perbedaan antar kelas hanya nilai iurannya dan kamar perawatan yang akan diberikan ketika melakukan rawat inap, selebihnya sama seperti obat dan fasilitas kesehatan. Kalau memang ingin pindah kelas, maka kalian dapat mengajukan ke kantor cabang.

Banyak faktor yang membuat peserta bpjs kesehatan memutuskan untuk pindah kelas, alasan utama yaitu karena faktor ekonomi yang tidak sanggup untuk membayar iuran bpjs untuk seluruh anggota keluarga.

Iuran paling ringan adalah kelas 3 yaitu hanya Rp25.500 perbulan perorang, jadi kalau ada 4 anggota keluarga yang terdaftar maka iuran pokok untuk seluruh keluarga sebesar Rp102000 perbulan.

Syarat Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Peserta dapat mengajukan permohonan perubahan data untuk pindah kelas kepesertaan dikantor cabang BPJS Kesehatan, saat melakukan pengajukan pindah kelas maka peserta harus memenuhi persyaratan yaitu sebagai berikut :

  1. Telah aktif minimal selama 1 tahun
  2. Tidak memiliki tunggakan
  3. Jika pindah kelas ke kelas 2 atau kelas 1 maka perlu punya rekening
  4. membawa kartu peserta yang lama
  5. membawa bukti pembayaran terakhir
  6. membawa KTP yang masih berlaku.

Kami sarankan untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan pagi hari, melihat jumlah antrian di kantor BPJS biasanya ramai. Setelah pindah kelas, anda juga bisa langsung menggunakan kartu BPJS ketika dibutuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan di website panduan BPJS, apabila ada pertanyaan seputar BPJS maka silahkan tinggalkan dikolom komentar, kami akan bantu menjawabnya ketika mengtahui informasi tersebut.

Sumber: Bpjs Kesehatan


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

5 COMMENTS

  1. Saya terdaftar di bpjs tertanggal 22/02/2019. Kelas 3…dengan iuran sejumlah. Rp.25.500. Tetapi untuk iuran bulan agustus saya di harus kan membayar Rp.51.000. Padahal saya tidak pernah pindah kelas. Jumlah aggota 3. Jadi iuran saya jadi Rp.204.000. Yang seharusnya Rp.102.000. Bagaimana ini??

  2. Kalo misalnya saya Bpjs kelas 3 sudah membayar iuran di awal bulan, pada bulan yang sama hendak melakukan pindah kelas 1. Apakah saat melapor ke kacab kartu Bpjs dengan status kelas 1 sudah bisa digunakan dibulan tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.