Begini Caranya Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

mengurus kartu bpjs yang hilang

Kartu BPJS Kesehatan digunakan sebagai identitas bahwa anda telah terdaftar sebagai peserta BPJS, terdapat nomor peserta dalam kartu BPJS tersebut serta tertera nama faskes 1 yang dapat digunakan untuk berobat.

Ternyata tak sedikit, peserta BPJS Kesehatan yang mengalami kehilangan kartu peserta BPJS nya dengan berbagai alasan seperti lupa meletakan, terjatuh, dompet kena copet dan sebagainya, yang intinya kartu bpjs hilang.

Jika peserta kehilangan kartu BPJS maka bisa mengurusnya kembali ke kantor cabang BPJS Kesehatan didaerah masing-masing. Namun perlu anda ketahui bahwa, anda juga bisa menggunakan kartu bpjs e-id untuk berobat.

Kartu e-id bpjs berlaku juga sama seperti kartu bpjs fisik, untuk mendapatkan kartu e-id bpjs kesehatan maka anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu di JKN Mobile. Aplikasi JKN Mobile dapat di download di playstore secara gratis.

Jika anda tetap menginginkan kartu bpjs kesehatan berbentuk fisik maka bisa datang ke kantor BPJS dengan membawa beberapa persyaratan.

Syaratnya sangat mudah sekali, adapun syarat yang dibutuhkan untuk mengurus kartu BPJS kesehatan yang hilang, maka peserta harus membawa dokumen :

  1. Fotokopi KK
  2. Fotocopi KTP
  3. Surat Keterangan Hilang dari kepolisian.
  4. Buku Tabungan 
  5. Materai 6000

Pengurusan hanya dapat dilakukan oleh peserta yang bersangkutan atau keluarga yang terdaftar dalam satu kartu keluarga. Pembuatan kartu BPJS yang hilang tidak dikenakan biaya administrasi, semua Gratis…


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI