Syarat Penghapusan Peserta BPJS yang Telah Meninggal Dunia

syarat dokumen penghapusan data peserta bpjs meninggal dunia

Ada pertanyaan yang masuk kepada kami berkenaan dengan peserta BPJS Kesehatan yang telah meninggal dunia, apakah masih dikenakan biaya setiap bulannya? bagaimana cara menghapus kepesertaannya? dan apa saja syaratnya?

Mungkin saat ini anda juga memiliki pertanyaan yang sama seperti apa yang telah kami sebutkan diatas. Pada kesempatan kali ini, kami akan membantu menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan informasi yang telah kami terima.

Baik, sebelumnya perlu diketahui bahwa menjadi peserta BPJS wajib bagi seluruh Warga Negara Indonesia dan bersedia membayar iuran setiap bulan berdasarkan kelas yang dipilih, ada kelas 1 dengan iuran Rp80.000, ada kelas 2 dengan iuran Rp51.000 dan ada kelas 3 dengan iuran Rp25.500

Peserta tidak dapat mengundurkan diri dari kepesertaan bpjs kesehatan, jika ternyata peserta tidak membayar iuran maka status kepesertaannya akan dinon aktifkan sementara dan tetap akan dikenakan tagihan iuran maksimal 24 bulan.

Kecuali jika peserta telah meninggal dunia, maka status kepesertaannya dapat dihapus. Untuk menghapus kepesertaan tersebut maka pihak keluarga dapat mengajukan permohonan penghapusan data di kantor cabang BPJS Kesehatan.

Saat pergi atau datang ke kantor BPJS Kesehatan bawalah beberapa persyaratan yang diperlukan, beberapa diantaranya sebagai berikut :

  1. Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit / Kantor Kecamatan / Keluarahan
  2. Membawa KK dan KTP (juga fotocopy) milik Peserta yang meninggal
  3. Membawa kartu peserta milik Peserta yang meninggal
  4. Melunasi tunggakan iuran terakhir sebelum peserta meninggal.

Sampaikan saja keperluan anda kepada petugas BPJS Kesehatan, nanti petugas akan membantu anda untuk memperbaharui data peserta yang meninggal dunia.

Kami sarankan untuk datang ke kantor cabang BPJS pagi hari untuk mendapatkan antrian lebih awal karena melihat jumlah peserta yang datang cukup banyak.

Demikian informasi ini yang dapat kami sampaikan untuk menjawab pertanyaan diatas, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih, jangan lupa untuk share ke sosial media agar semua orang tahu.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.