Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Syarat Daftar BPJS Mandiri

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program jaminan kesehatan miliki Pemerintah, hampir setiap jenis penyakit dapat ditanggung BPJS. 

Berdasarkan peraturan Presiden tentang BPJS Kesehatan menegaskan bahwa setiap warga Indonesia dan warga negara asing yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan maka wajib mendaftar BPJS.

Pendaftaran BPJS dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu daftar langsung ke kantor cabang BPJS yang ada di daerah masing – masing, daftar online melalui situs resmi BPJS, atau bisa juga daftar melalui call center di 1500400.

Anda wajib mendaftarkan diri anda dan seluruh anggota keluarga yang ada didalam Kartu Keluarga (KK), tidak boleh hanya salah satu saja, dan kelas yang dipilih untuk 1 keluarga itu semua sama.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri dan anggota keluarga menjadi peserta BPJS khususnya jalur mandiri maka perlu menyiapkan beberapa persyaratan daftar BPJS yang kami sebutkan dibawah ini.

Syarat Daftar BPJS Mandiri

  1. KTP Elektronik,
  2. Kartu Keluarga.
  3. Surat Nikah,
  4. Aakte lahir anak,
  5. Buku tabungan bank Mandiri, BNI, BRI (salah satunya jika pilih iuran Kelas 1 atau 2),
  6. Memiliki No.hp,
  7. Memiliki Alamat email.

Setelah semua syarat yang telah kami sebutkan lengkap, maka anda bisa langsung daftar bpjs. Ketika anda daftar ke kantor BPJS maka anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, saat mengisi anda dapat memilih kelas dan faskes yang diinginkan.

Jika anda memilih kelas 1 maka biaya iuran yang harus di bayar setiap bulan yaitu Rp80.000 per orang, kelas 2 yaitu Rp51.000 per orang dan kelas 3 yaitu Rp25.500. Apabila anda tidak mampu maka anda lebih baik daftar menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI) melalui Dinas Sosial.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.