Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Perusahaan

peserta-ppu

Seseorang yang bekerja disebuah perusahaan masuk kedalam kategori Pekerja Penerima Upah (ppu bpjs) sehingga pendaftarannya ditanggung perusahaan. Banyak peserta bpjs yang terdaftar melalui perusahaannya bingung untuk mengetahui status kepesertaannya.

Perusahaan banyak yang acuh dengan status kepesertaan pegawainya di bpjs, apakah masih aktif atau tidak. Karena semua di urus oleh perusahaan jadi pegawai terima beres mulai dari pendaftaran, bayaran iuran, hingga cetak kartu peserta.

Ketika suatu saat dibutuhkan mereka mengalami kebingungan sendiri. Ada yang tidak tahu sama sekali kalau ternyata status kepesertaannya sudah tidak aktif. Kalau sudah begini siapa yang disalahkan? anda sendiri atau perusahaan.

Maka sebagai peserta yang terdaftar sebagai ppu maka harus selalu aktif mengecek status kepesertaannya dengan cara menanyakan langsung ke HRD Perusahaan. Atau anda juga bisa menghubungi Call Center BPJS di 1500400 atau datang langsung ke kantor bpjs terdekat.

Perlu diketahui bahwa, peserta bpjs mandiri membayar iuran peserta secara pribadi sesuai dengan kelasnya. Sedangkan peserta bpjs ppu, iuran nya ditanggung perusahaan sebagian dengan rincian sebagai berikut : 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan:

  • a. 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja (perusahaan).
  • b. 1% (satu persen) dibayar oleh Peserta.

PPU akan mendapatkan tanggungan dari perusahaan yaitu suami + istri serta 3 anak. Apabila ada anak yang lain maka didaftarkan secara mandiri.

Baca Juga : Besar Iuran untuk Peserta PPU

1. Perawatan kelas I: Untuk Pekerja dengan gaji/upah dan tunjangan tetap di atas 1,5 (satu koma lima) sampai dengan 2 (dua) kali penghasilan tidak kena pajak dengan status kawin dengan 1 (satu) anak (1,5 – 2 PTKP K/1) atau sebesar Rp3.543.751 hingga Rp4.725.000.

2. Perawatan kelas II: Untuk Pekerja dengan gaji/upah dan tunjangan tetap sampai dengan 1,5 (satu koma lima) penghasilan tidak kena pajak dengan status kawin dengan 1 (satu) anak (1,5 PTKP K/1) atau sebesar Rp3.543.750. Minimal gaji/upah dan tunjangan tetap adalah UMK.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.