Prosedur Periksa Kehamilan dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan bisa digunakan untuk periksa kehamilan, maka dari itu bagi ibu hamil yang belum menjadi peserta BPJS untuk segera mendaftarkan diri dan dapatkan manfaatnya. BPJS akan memberikan pelayanan khusus untuk Ibu hamil sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan selama masa kehamilan.

Bagi anda yang sedang hamil dan sudah menjadi peserta BPJS maka bisa mengontrol atau periksa kesehatan kehamilan secara gratis, karena periksa kehamilan akan ditanggung BPJS. Dengan catatan ibu hamil mengikuti prosedur yang berlaku.

BPJS Kesehatan menerapkan prosedur berobat dengan sistem rujukan berjenjang, mulai dari layanan di faskes 1 hingga ke faskes lanjutan. Untuk bisa berobat ke faskes lanjutan seperti Rumah Sakit maka pasien perlu mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu, maka dari itu anda harus pergi berobat ke faskes 1 terlebih dahulu seperti puskesmas, klinik, bidan dll.

Periksa Kehamilan
Periksa Kehamilan

Untuk mengkontrol kehamilan maka anda / ibu hamil harus pergi ke faskes 1 yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan Peserta / bidan jejaring BPJS Kesehatan. Apabila faskes 1 tidak sanggup menangani maka anda akan dirujuk ke faskes lanjutan (dengan membawa surat rujukan yang berlaku 30 hari).

Begitu juga pada saat akan melahirkan, anda juga harus pergi ke faskes 1 terlebih dahulu (faskes yang memiliki fasilitas bersalin), namun apabila terjadi kondisi dararat seperti pendarahan hebat, ketuban pecah maka ibu hamil dapat langsung di bawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan pertolongan medis.

Apakah bisa kontrol kehamilan di luar daerah domisili?

Jika saat ini anda sedang berada di luar daerah domisili maka anda harus melapor ke kantor BPJS Kesehatan setempat untuk mendapatkan surat keterangan, dan surat ini hanya berlaku selama 1 bulan. Maka dari itu jika anda berada didaerah tersebut maka sebaiknya membawa surat keterangan domisili untuk melakukan pindah faskes 1,

Baca Juga : Prosedur Pindah Faskes BPJS

Persyaratan yang harus dibawa oleh Ibu Hamil pada saat akan menjalani pemeriksaan kehamilan di faskes 1 adalah Surat Rujukan (digunakan untuk di rumah sakit), Kartu Peserta BPJS, Kartu Keluarga, KTP Elektrik, dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (yang anda dapat dari bidan atau posyandu).

Baca Juga : Daftarkan Bayi dalam Kandungan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.