Surat Rujukan BPJS Kesehatan Berlaku Hanya 30 Hari (1 Bulan)

Contoh Surat Rujukan Faskes 1 BPJS Kesehatan

Contoh Surat Rujukan Faskes 1 BPJS Kesehatan – Surat Rujukan merupakan sebuah surat yang keluarkan dari Klinik atau Puskesmas atau yang memiliki kewenangan sebagai bentuk penyerahan tanggung jawab secara timbal balik atas permasalahan yang timbul. Terdapat 2 jenis sistem rujukan yaitu sistem rujukan medis dan rujukan kesehatan.

Dalam BPJS Kesehatan juga menerapkan sistem rujukan berjenjang, dimana pasien harus berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (faskes 1 : Puskesmas / Klinik) kemudian jika tidak dapat diselesaikan di faskes maka faskes 1 akan memberikan rujukan ke faskes lanjutan (Rumah Sakit) kepada pasien.

Surat Rujukan BPJS Kesehatan masuk kedalam jenis rujukan medis (rujukan pasien). Surat rujukan yang dikeluarkan dari Faskes 1 untuk pasien ke Rumah Sakit terdapat masa berlakunya. Berapakah masa berlaku surat rujukan tersebut ? , Surat Rujukan BPJS berlaku hanya maksimal 1 bulan (30 hari) dengan syarat bukan merupakan kasus baru.

Jika kasus kesehatannya berbeda maka anda bisa meminta kembali rujukan yang baru dengan kasus yang akan ditangani tersebut. Rujukan dikeluarkan atas dasar Indikasi medis, peserta yang berobat ke Rumah Sakit dengan rujukan maka bpjs kesehatan akan memberikan jaminan kesehatan sesuai dengan haknya.

Perlu diingat bahwa kondisi kegawatdaruratan tidak memerlukan rujukan, pasien atau keluarga pasien dapat langsung menuju ke IGD agar segera mendapat penanganan yang sesuai..

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply