Prosedur Pendaftaran Calon Bayi ke BPJS Bagi Karyawan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia, program ini awalnya adalah Askes namun pada 1 Januari 2014 berubah menjadi BPJS Kesehatan dan diatur dalam UU No. 24 Tahun 2011.

Semua masyarakat wajib mendaftar menjadi peserta kesehatan tanpa terkecuali terutama bagi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan dibagi menjadi 3 jalur yaitu Peserta Mandiri atau disebut dengan PBPU yang artinya biaya iuran ditanggung masing-masing peserta, Peserta Perusahaan atau PPU yang artinya biaya iuran ditanggung oleh perusahaan sebesar 4% dan 1% ditanggung peserta (persen dari gaji), dan PBI yaitu peserta yang iurannya ditanggung Pemerintah / Dinas Sosial.

Prosedur Pendaftaran Calon Bayi ke BPJS Bagi Karyawan

daftar bpjs bayi baru lahir ppu

Bagi anda yang berstatus sebagai Karyawan Swasta yang bekerja disebuah perusahaan tentu memiliki sebuah pertanyaan seperti yang tertulis dalam judul artikel ini. Anda menanyakan mengenai prosedur pendaftaran calon bayi anda yang sedang dikandung untuk menjadi peserta.

Menjawab pertanyaan tersebut, dalam posting ini kami sampaikan bahwa iuran yang dibayar peserta PPU akan ditanggung oleh Perusahaan dan Peserta seusai dengan pembagian yang telah ditetapkan yaitu :

  1. 4% dari gaji anda (Ditanggung Perusahaan)
  2. 1% dari gaji anda (Ditanggung Peserta)

Iuran yang dibayarkan oleh Peserta Pekerja Penerima Upah tersebut menjamin 5 anggota ( Peserta, Suami/Istri, 3 orang anak dibawah 21 tahun belum menikah dan bekerja (apabila umur anak lebih dari 21 s/d 25 tahun masih kuliah, dapat menyertakan surat keterangan kuliah ke kantor cabang agar anak tetap menjadi tanggungan)).

Adapun untuk Calon bayi ke 1 s/d 3 Badan Usaha didaftarkan setelah bayi lahir, status kepesertaan bayi 1 s/d 3 akan langsung aktif setelah didaftarkan sebagai anak tanggungan dari peserta Badan Usaha, maka anda perlu menghubungi pihak perusahaan yang mengurusi jaminan kesehatan BPJS diperusahaan tersebut.

Persyaratan yang harus disiapkan : Membawa Fotocopi KTP, Surat Lahir dari RS / Faskes , Kartu Keluarga. Semua itu dipersiapkan jauh – jauh hari sehingga ketika bayi lahir bisa langsung didaftarkan tanpa perlu ribet menyiapkan lagi. 

Jika tanggungan lebih dari empat orang, misalnya orangtua dan/atau mertua karyawan wajib membayar 1% iuran tambahan per orang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjawab pertanyaan yang anda sampaikan. Kami doakan, semoga anda dan keluarga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.