Pindah Kelas saat Rawat Inap Hanya Bayar Rp 29 Ribu

Rawat Inap Peserta BPJS

Iuran Peserta BPJS Kesehatan telah direvisi sejak 1 April 2016, dimana untuk iuran kelas 1 sebesar Rp80ribu per orang per bulan, untuk kelas 2 sebear Rp 51 ribu per orang perbulan sedangkan untuk kelas 3 tetap pada Rp25.500 per orang per bulan, perubahan tarif iuran berdasarkan Perpres Nomor 19 tahun 2016 paal 16 F.

Tidak ada perbedaan pemberian jaminan kesehatan dari bpjs kesehatan semua akan mendapatkan obat dan pelayanan yang sama. Perbedaan untuk masing – masing kelas terletak pada kelas rawat inap nya saja. Namun walau demikian ketika ruang kamar penuh peserta dapat menggunakan kelas diatas nya.

Adapun khusus untuk peserta kelas 3 tidak bisa pindah ruang pelayanan, peserta kelas 3 hanya boleh mendapatkan perawatan di ruangan yang telah disediakan oleh kelas 3 saja. Peserta tidak bisa meminta untuk pindah ke ruang perawatan seperti hak peserta kelas 1 dan kelas 2.

Akan tetapi ke depannya, hal tersebut tidak akan berlaku seiring dengan keinginan Presiden yang ingin menghapuskan diskriminasi di dalam pelayanan BPJS, namun terdapat syarat untuk para peserta.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan : “Memang nanti bisa pindah, namun untuk pemindahan kelas tersebut para peserta akan dikenakan biaya selisih penyesuaian tarif iuran per kelas,”

Dengan kata lain, bila peserta kelas 2 yang selama ini membayar iuran sebesar Rp 51.000 setiap bulan, ketika dalam masa perawatan di rumah sakit ingin pindah ke ruangan kelas 1, maka pasien akan dikenakan tarif penyesuaian sebesar Rp 29 ribu.

Dikutip dari Laman JPNN Kamis, 07 April 2016 , 09:45:00

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply