Peserta BPJS Pindah Rumah Ke Alamat Baru, Ini Yang Harus Dilakukan!!

pindah alamat maka harus ganti faskes 1
Tidak ada yang tahu, apakah kita akan tinggal selama nya ditempat yang sekarang ini? Terkadang sebuah keadaan menuntut kita untuk pindah.

Misalnya: suami pindah tugas, maka seluruh anggota keluarga ikut pindah ke tempat tugas suami yang baru dan berbagai keadaan lainnya yang pada intinya mengharuskan kita pindah rumah.

Ketika pindah rumah atau pindah alamat domisili sudah tentu akan merubah alamat yang tertera pada KTP, hal ini untuk mempermudah dalam urusan administrasi negara.

Bukan hanya KTP saja data yang harus dirubah, tapi jika anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS maka harus merubah juga data kepesertaanya, yaitu merubah alamat dan merubah faskes menyesuaikan dengan alamat yang baru.

Kalau tidak dirubah datanya dikhawatirkan nanti ketika anda akan menggunakan kartu BPJS di tempat baru, akan terjadi penolakan karena adanya perbedaan data antara alamat domisili di KTP dengan di BPJS.

Sebenarnya, kartu bpjs anda dengan data yang lama tetap bisa digunakan di alamat yang baru, akan tetapi setiap kali anda ingin menggunakan bpjs di alamat baru anda harus pergi ke kantor cabang bpjs di alamat baru dengan membawa surat keterangan dari RT/RW, tentu ini akan membuat anda repot.

Maka dari itu, jika anda saat ini pindah alamat atau pindah rumah ke alamat baru maka sebaiknya alamat di ktp baru disamakan dengan data di bpjs. Sehingga anda perlu melakukan perubahan data bpjs di kantor cabang.

Ketika anda datang ke kantor bpjs silahkan bawa persyaratan berikut :

  1. Asli Kartu BPJS Kesehatan yang lama
  2. Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat pengantar domisili dari RT/RW setempat
  4. Asli dan Fotocopy KTP yang sudah diperbaharui sesuai dengan alamat baru anda.
  5. Sudah melunasi seluruh tunggakan jika ada.
  6. Tentukan Faskes 1 yang baru di alamat baru anda.

Silahkan isi formulir perubahan data di kantor bpjs, jika anda bingung anda bisa tanya satpam yang sedang bertugas, biasanya satpam juga mengerti. Pastikan anda juga telah mengambil nomor antrian sebelumnya mengingat anterian di kantor bpjs sangat panjang.

Setelah data anda dirubah baik itu alamat domisili dan faskes 1 maka anda akan mendapatkan kartu bpjs yang baru sesuai dengan identitas yang baru. Dengan begitu anda dapat dengan mudah menggunakan kartu bpjs di alamat yang baru.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.