Manfaat Pelayanan Promotif dan Preventif BPJS Kesehatan

Perubahan Aturan Denda BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menjamin pelayanan kesehatan pesertanya secara komprehensif, mulai dari promotif dan preventifkuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). Pelayanan kesehatan bisa diberikan atas indikasi medis (bukan keinginan peserta), BPJS tidak memandang berat ringannya suatu penyakit atau diagnosa. 

Adapun Manfaat pelayanan promotif dan preventif meliputi pemberian pelayanan: a. penyuluhan kesehatan perorangan,  imunisasi rutin, keluarga berencana dan skrining kesehatan. Sesuai dengan peraturan presiden no.19 tahun 2016 dijabarkan sebagai berikut :

A. Penyuluhan kesehatan perorangan meliputi paling sedikit Pennyuluhan mengenai pengelolaan faktor risiko penyakit dan perilaku hidup bersih dan sehat.

B. Pelayanan Imunisasi rutin meliputi pemberian jenis imunisasi rutin sesuai dengan ketentuan perdaftaran perundang-undangan.

C. Pelayanan keluarga berencana meliputi konseling, pelayanan kontrasepsi termasuk vasektomi dan tubektomi, bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Ketentuan mengenai pemenuhan kebutuhan alat dan obat kontrasepsi bagi peserta Jaminan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan diatur dengan Peraturan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

D. Pelayanan skrining kesehatan diberikan secara selektif yang ditujukan untuk mendeteksi risiko penyakit dan mencegah dampak lanjutan dari risiko penyakit tertentu. Ketentuan mengenai tata cara pemberian pelayanan skrining kesehatan jenis penyakit, dan waktu pelayanan skrining kesehatan diatur dengan peraturan Menteri.

Khusus untuk Vaksin untuk imunisasi rutin serta alat dan obat kontrasepsi seperti poin B dan C , akan disediakan oleh pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply