Pendaftaran Penambahan Anggota Keluarga ke BPJS Kesehatan

Menurut Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013, pasal 1 setiap warga negara indonesia wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarga nya ke dalam program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan. Pendaftaran peserta tidak bisa salah satu anggota keluarga, jadi anda harus mendaftarkan semua nama yang tercantum dalam kartu keluarga anda dan masing – masing memiliki kewajiban yang sama untuk membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih.

Sedangkan jika ada penambahan anggota keluarga di kartu keluarga anda, anda dapat melakukan penambahan pendaftaran anggota keluarga yang baru. Pendaftaran awal BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online, namun untuk penambahan Anggota keluarga tidak bisa dilakukan secara online, dikarenakan untuk menghindari data ganda.

Daftar BPJS Kesehatan di Kantor

Daftar BPJS Kesehatan di Kantor

Misalkan, di keluarga anda ada 5 keluarga kemudian yang telah terdaftar hanya 3 orang, mungkin terdaftar melalui jalur Pekerja Penerima Upah (PPU) sehingga ada 2 anggota keluarga yang belum terdaftar. Atau bisa juga sebelumnya didalam KK anda hanya ada 4 orang kemudian ada ketambahan saudara anda yang masuk kedalam kartu keluarga dan belum mendaftar bpjs. Maka Anggota keluarga dapat di daftarkan.

Karena pendaftaran Penambahan anggota keluarga tidak bisa dilakukan online, itu artinya anda harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat (domisili) untuk melakukan pendaftaran penambahan anggota keluarga. Syarat pendaftarannya sama saja, yaitu peserta dapat membawa identitas pendukung (Kartu Tanda Pengenal, Kartu Keluarga, pas foto 3×4, fotokopi buku tabungan (Mandiri, BRI, BNI)).

Khusus buat keluarga anda yang terdaftar dalam PPU BPJS Kesehatan maka anda dapat melakukan penambahan keluarga peserta pekerja penerima upah dapat melapor ke PIC bagian HRD untuk dapat didaftarkan seluruh anggota keluarga.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Dalam KK saya ada 4 orang nama, namun yang terdaftar sebagai anggota BPJS hanya saya saja, karena saya didaftarkan oleh lembaga dimana saya bekerja. Saat ini saya akan menambahkan ke – 3 anggota keluarga saya. Bagaimana caranya?

  2. saya pengguna BPJS perusahaan, apakah ibu saya yg seKK dengan saya bisa dimasukkan ke dalam BPJS saya???

  3. Saya ingin bertanya, dari dulu orang tua saya pengguna jamkeskin, tapi semenjak adanya bpjs dan ketidak tahuan orang tua saya cara mikgarasi ke bpjs alhasil sampe sekarang oarang tua saya tidak memiliki bpjs. yg saya mau tanyakan apa dan bagaimana saja syarat yg dibutuhkan untuk menjadi anggota bpjs dari anggota jamkeskin. trimakasih.

  4. saya ingin menambah anak ke-2 sbg peserta BPJS..saya PNS di Jakarta, apakah bisa dilakukan secara online ? data apa saja yg dibutuhkan ?

  5. khoirul umah

    Saya ingin menambahkan ibu saya yang tinggal di luar daerah ke dalam anggota BPJS keluarga, bagaimana caranya? sedangkan KK kami terpisah, jika bisa persyaratan apa saja yang harus saya siapkan?

  6. Saya terdaftar sebagai PPU,,apakah kalau mau tambah anggota harus lewat perusahaan ?tidak bisa langsung ke kantor bpjs

    • @Dwimn: benar sekali untuk penambahan anggota keluarga menjadi peserta PPU maka harus lapor ke perushaan. Namun jika ingin daftar pribadi atau mandiri maka bisa datang ke kantor BPJS

  7. mau bertanya
    saya sudah terdaftar sebagai pemilik BPJS kesehatan(di daftarkan oleh kantor)
    lalu orang tua saya ingin buat tapi dari BPJS pusat bilang tidak bisa lagi karena sudah ada yang terdaftar duluan
    apakah untuk case ini harus mengikuti metode di atas juga?

  8. Saya ingin bertanya:
    1. Istri saya sudah lama berhenti kerja dan memiliki bpjs kesehatan. Terus saya ingin memindahkan nama istri saya ke bpjs perusahaan tempat saya bekerja, itu syaratnya apa saja?
    2. Terus saya juga ingin memasukan nama anak saya yang baru lahir ke bpjs perusahaan tempat saya bekerja, apa syaratnya?

  9. Saya pengguna e-DABU. Saya ingin menambahkan peserta, tapi peserta dengan NIK tersebut sebelumnya sudah terdaftar, sehingaa tidak bisa ditambahkan di BU saya. Saya ingin minta panduan bagaimana cara menambahkan peserta tersbut ke BU saya?

  10. Saya ingin menambahkan anggota keluarga saya mendaftar BPJS , tetapi saya dulu sudah terdaftar dengan memakai KK yang lama. Apa tidak bisa mengirim data lewat email saja? karena keterbatasan waktu saya sangat sulit untuk datang ke kantor BPJS di Renon apalagi antriannya sangat panjang. Terimakasih

    • @Wardani : tidak bisa pak, untuk penambahan anggota keluarga bisa anda daftarkan lewat Kantor BPJS Kesehatan… Jika diwakilkan maka berikan surat kuasa, tentunya diwakilkan oleh orang yang masih dalam KK anda.

  11. Muchamad kurnjawan

    Peraturan presiden yang mana? Tolong diberikan lebih rinci. Mana ada di peraturan resmi bpjs harus mengikut sertakan anggota KK? Pasal berapa?

Leave a Reply