Pendaftaran Penambahan Anggota Keluarga ke BPJS Kesehatan

Menurut Peraturan Presiden setiap warga negara indonesia wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarga nya ke dalam program jaminan kesehatan BPJS Kesehatan. Pendaftaran peserta tidak bisa salah satu anggota keluarga, jadi anda harus mendaftarkan semua nama yang tercantum dalam kartu keluarga anda dan masing – masing memiliki kewajiban yang sama untuk membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih.

Sedangkan jika ada penambahan anggota keluarga di kartu keluarga anda, anda dapat melakukan penambahan pendaftaran anggota keluarga yang baru. Pendaftaran awal BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online, namun untuk penambahan Anggota keluarga tidak bisa dilakukan secara online, dikarenakan untuk menghindari data ganda.

Daftar BPJS Kesehatan di Kantor

Daftar BPJS Kesehatan di Kantor

Misalkan, di keluarga anda ada 5 keluarga kemudian yang telah terdaftar hanya 3 orang, mungkin terdaftar melalui jalur Pekerja Penerima Upah (PPU) sehingga ada 2 anggota keluarga yang belum terdaftar. Atau bisa juga sebelumnya didalam KK anda hanya ada 4 orang kemudian ada ketambahan saudara anda yang masuk kedalam kartu keluarga dan belum mendaftar bpjs. Maka Anggota keluarga dapat di daftarkan.

Karena pendaftaran Penambahan anggota keluarga tidak bisa dilakukan online, itu artinya anda harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat (domisili) untuk melakukan pendaftaran penambahan anggota keluarga. Syarat pendaftarannya sama saja, yaitu peserta dapat membawa identitas pendukung (Kartu Tanda Pengenal, Kartu Keluarga, pas foto 3×4, fotokopi buku tabungan (Mandiri, BRI, BNI)).

Khusus buat keluarga anda yang terdaftar dalam PPU BPJS Kesehatan maka anda dapat melakukan penambahan keluarga peserta pekerja penerima upah dapat melapor ke PIC bagian HRD untuk dapat didaftarkan seluruh anggota keluarga.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply