Pasang KB IUD ditanggung BPJS

pasang-kb-iud-nova-t

Seperti yang tertulis dalam peraturan presiden no.19 tahun 2016 menyatakan bahwa bpjs telah bekerjasama dengan BKKBN untuk memberikan layanan kb secara gratis kepada para peserta bpjs.  Salah satu layanan kb yang ditanggung bpjs yaitu Pasang iud Nova T.

IUD Nova T adalah sebuah alat kontrasepsi yang dipasang pada organ wanita pada saat setelah melahirkan. Pemasangan alat kontrasepsi iud dilakukan di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan bpjs. Apabila anda melahirkan di bidan atau puskesmas maka anda bisa minta rujuk ke RS untuk kb iud nova.

Kalau tidak menggunakan bpjs biaya yang harus dibayar oleh pasien untuk pemasangan alat kontrasepsi IUD sekira Rp200 ribu – Rp300 ribuan. Jadi kalau anda pasang iud dengan bpjs maka biayanya akan ditanggung oleh BPJS, peserta tidak perlu membayar alias gratis.

Selain kb iud nova T, yang ditanggung bpjs juga alat kontrasepsi Copper T. Juga sama dilakukan setelah melahirkan (baik persalinan normal atau caesar) dan pemasangan dapat dilakukan di faskes 1. Berdasarkan pengalaman para pengguna, kb iud nova T lebih baik digunakan dibandingkan dengan copper T.

Baca : Layanan KB yang ditanggung BPJS Lainnya
Baca : Suntik KB ditanggung BPJS

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply