Muncul Bercak Darah Saat Hamil Muda

bercak-darah-saat-hamil-muda

Setiap wanita tentu menginginkan dirinya bisa hamil (tidak mandul), untuk mengetahui anda hamil atau tidak ditandai dengan telat datang bulan kemudian dapat anda cek menggunakan test pack. Jika terbukti hamil maka anda perlu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti buah dan ikan.

Saat hamil ada beberapa hal yang mungkin terjadi, ada sekitar 40% ibu yang hamil mengalami bercak darah di trimester pertama dan kedua. Ketika ini terjadi maka anda tidak perlu terlalu khawatir, hal ini bisa saja terjadi ketika ibu hamil mengalami kelelahan akibat beraktifitas yang berlebihan.

Selain itu Aktivitas HB juga dapat mempengaruhi terjadinya bercak saat hamil muda, maka dari itu disarankan untuk tidak berhubungan ketika mengalami bercak. Adapun pertanyaan kapan boleh HB lagi, itu bisa anda konsultasikan dengan dokter, biasanya sampai 1-5 bulan.

Untuk itu apabila terjadi pendaraan ringan disaat hamil muda maka penanganan awal yaitu segera lah beristirahat.  dan Beberapa tindakan lain yang harus anda lakukan seperti :

Jangan terlalu banyak berdiri dan berjalan, sebaiknya anda istirahat dalam keadaan berbaring. Jika anda bekerja maka mintalah ijin untuk tidak masuk. Karena jika anda memaksakan diri untuk tetap bekerja justru akan membahayakan kandungan anda.

Jangan pernah menggunakan pembersih vagina selama anda masih mengalami pendarahan. Untuk mengetahui jumlah darah yang keluar (banyak atau sedikit) anda dapat menggunakan pembalut biasa saat pendarahan (hindari tampon).

Waspadai perdarahan jika keluar semakin deras menyerupai haid. Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain. Apabila tampak merah menyala, ataupun diiringi kram perut. Maka lebih baik segera periksa ke dokter kandungan (Spog).

Bercak darah itu berarti anda mengalami Perdarahan, Banyak penyebab terjadinya pendaraan di saat hamil muda. Pendarahan saat hamil muda juga dapat berisiko seperti keguguran, hamil anggur, atau kehamilan ektopik.

Jika memang anda khawatir dengan kandungannya maka anda dapat pergi ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan seperti USG atau Transvaginal, agar dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.