Mengenal Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal yang biasa, hampir semua orang pernah mengalaminya. Namun, jika terlalu berlebihan hal ini ada kaitannya dengan suatu penyakit. Maka dari itu rambut rontok juga dapat disebabkan suatu hal yang harus mendapat tindakan medis.

Jika anda mengalami kerontokan rambut maka perlu mengetahui apa penyebab rontok nya rambut. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab rambut rontok dapat berupa alasan keturunan, emosional, proses penuaan atau juga alasan medis. Apabila anda menjalani proses kimia seperti melurusan rambut atau merawanai rambut juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Jika seseorang kekurangan gizi maka juga akan mempengaruhi kesehatan pada rambut, dimana rambut akan menjadi rapuh sehingga menyebabkan kerontokan. Apabila sedang menjalani proses diet maka selain berat badan , anda juga perlu memperhatikan nutrizi (zat zinc) untuk rambut agar rambut anda tidak rontok.

Wanita dan Pria tak ada bedanya, mereka memiliki masalah dengan rambut rontok. Bagi yang sudah berumur kerontokan rambut akan mulai terjadi. Efek hormon dapat menjadi penyebabnya, baik laki – laki maupun wanita. Untuk pria berumur terjadi peningkatan hormon DHT sedangkan untuk wanita ketika memasuki masa menopause.

Kerontokan rambut juga bisa terjadi akibat pengaruh dari Kemoterapi. Akan tetapi jangan khawatir, biasanya kondisi ini tidak bersifat permanen dan rambut akan normal atau tumbuh kembali ke telah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Penggunaan obat – obatan juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Misalnya, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani artritis, depresi, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.

Jika anda mengalami Tekanan Psikologis Serta Fisik juga akan menyebabkan penipisan rambut tapi tidak selalu mengalami kebotakan. Penyebabnya dapat berupa stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat (misalnya, setelah menjalani operasi besar atau baru sembuh dari infeksi yang parah). Kerontokan ini cenderung berkurang tanpa penanganan medis khusus.

Alopesia Areata merupakan jenis kerontokan rambut pitak yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Umumnya kondisi ini dialami oleh para remaja (kalangan dewasa muda). Kondisi ini tidak bersifat permanen sehingga rambut dapat tumbuh normal kembali. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan alopesia areata adalah diabetes, anemia pernisius, penyakit tiroid, dan vitiligo.

Kebotakan yang bersifat permanen karena terjadi kerusakan pada folikel rambut atau tempat tumbuhnya akar rambut sering kali disebabkan oleh kondisi medis yang menyerang kulit. Beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan kebotakan permanen adalah lichen planus, lupus eritematosus diskoid, skleroderma, dan folliculitis decalvans.

Sumber : huffingtonpost.co.uk

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply