Cara Mendatarkan Pembantu Rumah Tangga Menjadi Peserta BPJS

Jika dirumah anda terdapat seseorang yang membantu pekerjaan rumah tangga (pembantu / ART) maka anda jangan melupakan jaminan kesehatannya. Anda bisa mendaftarkan pembantu anda sebagai peserta BPJS, sehingga mereka juga akan dapat layanan/jamianan kesehatan disaat sakit.

Disamping itu juga sudah menjadi peraturan presiden bahwa setiap orang (WNI) wajib menjadi peserta BPJS termasuk para pembantu rumah tangga juga harus didaftarkan yaitu masuk kedalam kategori PBPU / Mandiri yang iurannya dapat dibayarkan oleh majikan.

Seperti dikatakan Direktur Kepersertaan BPJS, Sri Endang Tidarwati bahwa pembantu rumah tangga (PRT) boleh daftar sendiri dan boleh didaftarkan oleh majikannya.

Pembantu Rumah Tangga Daftar BPJS
Pembantu Rumah Tangga Daftar BPJS

Walaupun statusnya bekerja tapi pembantu tidak memiliki kewenangan untuk menambahkan anggota keluarganya menjadi peserta yang menjadi tanggungan majikan, maka bergantung pada kebaikan majikannya. Jika PRT didaftarkan oleh Majikan maka Majikan dapat menentukan kelas iuran yang disesuaikan dengan kemampuan majikan.

Untuk biaya premi bisa dipilih majikan sesuai kemampuannya. Seperti perawatan kelas 3, sebulan hanya Rp 25.500 per orang, untuk perawatan kelas II sebulan Rp 51.000 per orang dan perawatan kelas I sebesar Rp 80.000 per orang.

Baca Juga : Iuran Kelas Peserta BPJS

Berikut ini Cara atau Prosedur Mendaftarkan PRT menjadi Peserta : 

  1. Calon Peserta (Pembantu / Majikan) mendaftar ke BPJS
  2. Mengisi Formulir dan Menunjukan KTP / KK
  3. Calon Peserta akan dijelaskan mengenai Virtual Account
  4. Nanti Calon peserta akan diminta untuk melakukan pembayaran ke Bank dengan menggunakan virtual account yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan.
  5. Calon peserta kembali ke BPJS Kesehatan, konfirmasi pembayaran iuran untuk pertama kali
  6. BPJS Kesehatan memberikan kartu BPJS Kesehatan kepada peserta.
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.