Makanan Penyebab Keguguran Kandungan bagi Ibu Hamil

makanan-penyebab-keguguran

Keguguran merupakan Hal yang paling dikhawatirkan bagi para Ibu Hamil, banyak penyebab yang dapat memicu terjadinya keguguran termasuk dari makanan yang dikonsumsi saat hamil. Agar janin yang dikandung tetap sehat maka Ibu hamil harus pintar dalam memilih makanan untuk di konsumsi, tidak sembarangan makan walaupun itu rasanya enak.

Makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil diharusnya yang banyak mengandung asam folat dan berbagai nutrisi lainnya karena dapat membantu proses pembentukan sel-sel baru pada janin sehingga dapat menghasilkan bayi yang sehat. Akan tetapi jika salah memilih makanan justru akan berdampak bahaya bagi kandungan.

Penting sekali bagi para ibu hamil mengetahui apa saja makanan yang dapat memicu keguguran, sehingga ibu hamil dapat menghindarinya.  Karena banyak ibu hamil yang tidak tahu, yang penting makan enak tapi tidak sadar bahwa makanan yang dikonsumsi justru mengancam kandungan nya.

Berikut ini merupakan beberapa daftar makanan yang harus dihindari (jangan dimakan) sewaktu sedang hamil. Karena makanan ini mengandung zat atau senyawa yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada kehamilan. Untuk menjaga kesehatan janin yang ada didalam kandungan maka anda jangan mengkonsumsi makanan berikut ini :

1. Tidak Disarankan Makan Buah Nanas 

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk makan buah nanas, tentu ada alasannya karena dapat memicu terjadinya keguguran. Memang buah nanas juga banyak mengandung nutrisi tapi disisi lain ada kandungan enzim yang bernama Protease Bromealin yang dapat mengakibatkan keguguran pada ibu hamil, terutama hamil muda.

2. Jangan Makan Kepiting

Kepiting merupakan makanan laut yang paling lezat, banyak orang yang menyukainya. Walaupun kepiting banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan namun disis lain tidak cocok bagi ibu hamil. Karena ini menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran apa bila ibu hamil memakannya. Kepiting dapat mengakibatkan ukuran rahim menyusut, dan mengakibatkan pendaraan genital yang memicu keguguran.

3. Jauhi Ikan Kalengan atau Ikan yang hidup di Air yang Sudah Tercemar

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan-makanan yang banyak mengandung protein yaitu salah satunya Ikan. Namun tidak dianjurkan makan ikan jenis kalengan, karena tentu mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kandungan. Selain itu juga anda harus menghindari makan ikan yang didapat dari air yang telah tercemar.

4. Stop Makan Pepaya Muda!

Pepaya muda paling enak untuk di buat lalapan, tapi bagi ibu hamil ini menjadi pantangan untuk dimakan. Karena Pepaya muda sangat berbahaya bagi perkembangan Embrio yang ada di dalam Rahim. Senyawa yang terkandung dalam pepaya muda dapat mengakibatkan kontraksi kuat pada rahim yang dapat memicu keguguran.

5. Buah Durian itu Panas, Ibu Hamil Jangan Makan

Durian memang memiliki rasa dan aroma yang khas yang membuat lidah ingin mencicipinya, tapi jika anda sedang hamil maka tidak dianjurkan untuk memakannya. Durian memiliki kandungan Asam Arachidonat dan Alkohol yang dapat merangsang kontraksi dan berakibat fatal bagi janin (keguguran).

6. Makan Keju dapat memicu Keguguran

Ternyata ibu hamil tidak boleh makan Keju. Walaupun memang keju menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tapi tidak untuk ibu hamil. Keju dapat menjadi salah satu penyebab keguguran. Maka ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi keju.

Baca Juga : Buah yang mengandung Asam Folat

7. Daging dan Telur Setengah Matang

Makanan ini pada dasarnya tidak sepenuhnya dilarang, tapi disisi lain makanan ini juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran kandungan. Ibu hamil harus berhati-hati untuk tidak makan daging atau telur yang dimasak setengah matang. Bahkan dalam keadaan matang pun para ibu hamil juga disarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi daging dan telur.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.