Kota Bandung akan Bangun Rumah Sakit Ibu dan Anak, Fokus untuk melayani Masyarakat Menengah Bawah

Rumah Sakit Khusus Ibu Anak Kota Bandung

Sumber foto : Halaman FB Resmi Ridwan Kamil

Seperti yang yang diposting melalui status halaman bapak Ridawan Kamil, selaku Walikota Bandung (10/02/2017). Menginformasikan kepada publik bahwa kota Bandung akan membangun rumah sakit khusus untuk Ibu dan Anak.

Gedung RSKIA akan dibangun di kawasan Leuwi Panjang, lokasi yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh semua masyarakat. Rumah sakit ini berfokus pada layanan untuk masyarakat menengah bawah, sehingga bisa berobat menggunakan BPJS atau lainnya.

Seperti yang telah terlansir dalam halaman Merdeka.com, Menurut Direktur RSKIA Kota Bandung, rencananya pada relokasi rumah sakit akan membuat bangunan baru Tipe A Pendidikan untuk RSKIA. Rumah sakit ini memiliki luas sekitar 7343 meter persegi yang nantinya mampu menampung 200 pasien dengan penambahan fasilitas penanganan gawat darurat.

Sebelumnya Rumah sakit RSKIA berada di Astanananyar yang hanya memiliki 65 kamar tidur saja. Sedangkan pada Gedung yang baru yang akan dibangun, insyallah akan memiliki kapasitas yang lebih banyak yaitu 200-300 kamar tidur.

Keunggulan RSKIA baru kelak akan memiliki fasilitas perinatologi (bayi baru lahir) dan fasilitas tumbuh kembang bayi yang belum banyak dimiliki oleh RSKIA lain. Penambahan fasilitas ini dinilai karena di Kota Bandung banyak bayi lahir dengan berat badan rendah dan ibu dengan kegawatdaruratan janin memiliki masalah yang cukup tinggi.

Sebagai rumah sakit milik pemerintah, RSKIA Kota Bandung lebih berfokus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah. Hal ini dilakukan agar masyarakat kelas menengah ke bawah tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima, tentu dengan adanya program BPJS dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Untuk pasien dengan jalur umum (tanpa asuransi BPJS dan Jamkesda), RSKIA Kota Bandung masih menggunakan tarif berdasarkan Perda No. 1 Tahun 2011. Meskipun saat ini status RSKIA Kota Bandung telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.