Cara Mengaktifkan BPJS yang diblokir karena telat bayar

Tak sedikit dari peserta BPJS yang mengalami masalah akun di blokir karena telat membayar iuran, kami faham banyak alasan mengapa hal ini terjadi, mungkin karena belum memiliki dana untuk membayar iuran wajib BPJS, namun pada saat memiliki dana tapi ada keperluan lain yang harus dicukupi dan lain sebagainya.

Ketika seseorang terlambat membayar iuran bpjs maka peserta akan dikenakan denda 2% dan apabila terlambat selama 3 bulan berturut – turut maka pihak bpjs akan menonaktifkan (blokir) akun peserta yang bersangkutan, sebelum menonaktifkan anggota BPJS terlebih dahulu telah memberikan surat peringatan dari BPJS perihal keterlambatan.

Ketika kepesertaan / akun BPJS anda di blokir maka peserta tidak bisa menggunakan layanan bpjs dikala dibutuhkan walaupun memegang kartu BPJS.

Ini sudah menjadi kebijakan dan ketentuan yang berlaku dalam undang – undang BPJS, agar BPJS anda tidak di blokir maka bayarlah iuran tepat pada waktunya. Akan tetapi bagi yang sudah terlanjur di blokir dan ingin membuka nya kembali juga bisa. Caranya bagaimana?

Cara nya cukup dengan melunasi iuran yang yang menunggak sekaligus dengan denda 2%. Ketika peserta telah melunasi tagihan iuran yang nunggak maka kepesertaannya akan di aktifkan kembali, jika tertanyata kepesertaan anda belum aktif maka anda dapat menghubungi kantor BPJS terdekat untuk mengaktifkan secara manual, bawa semua kwitansi pembayaran yang telah anda lakukan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply