Kartu BPJS Mati karena Nunggak 3 Tahun

Kartu BPJS Nunggak 3 Tahun

Jumlah Peserta BPJS yang menunggak bayar iuran sangat banyak, karena mereka menunggak maka status kartu BPJS dihentikan dan tidak dapat digunakan sementara sampai mereka melunasi tunggakannya. Banyak hal yang menjadi alasan mereka tidak bayar iuran bahkan ada yang telat bayar hingga 3 tahun.

Menunggak 3 tahun bukan waktu yang sebenar, sangat lama sekali. Biasanya mereka akan kembali ke BPJS ketika sakit dan membutuhkan bantuan. Jika memang tidak mampu bayar iuran maka disarankan untuk mendaftar menjadi peserta PBI (penerima bantuan iuran) melalui Dinas Sosial jangan daftar Mandiri.

Perlu anda ketahui bahwa, anda ditolong oleh orang-orang yang membayar iuran, maka dari itu ketika anda membayar iuran maka anda ikut serta menolong orang lain yang membutuhkan bantuan disaat mereka sakit. Iuran bpjs masih masuk dalam angka yang murah bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Maka dari itu, segera aktifkan status bpjs anda dengan membayar iuran yang tertunggak. Kabar gembiranya adalah bagi anda yang menunggak 3 tahun atau lebih maka cukup bayar iuran 1 tahun + 1 bulan saja dan tidak ada denda keterlambatan yang harus anda bayar.

Contoh : misalkan anda telat bayar atau menunggak tidak bayar iuran bpjs selama 3 tahun, dan anda terdaftar di kelas 3. Jumlah keluarga yang terdaftar ada 4 (termasuk anda) maka yang harus anda bayar adalah : Rp25.500 (kelas 3) dikali 12 bulan + Rp25.500 (1 bulan) setelah itu di kali jumlah keluarga maka di peroleh jumlah sebesar Rp1.326.000

Anda bisa membayar tagihan anda melalui bank yang telah bekerjasama dengan BPJS atau beberapa lembaga lainnya seperti Kantor Pos, Pegadaian, Tokopedia hingga minimarket (Alfamart dan Indomaret). Setelah anda melunasi tagihan anda maka dalam waktu 1×24 jam status bpjs anda akan aktif kembali.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

9 COMMENTS

  1. dk sewaktu sy daftar bpjs masih di kota jakarta.sekrang sdh pindah domisili di mojokerto.termasuk ktp jg sdh ber alamatkn mojokerto.dn kebetuln bpjs sy jg tidak terbyar iuran nya selma 3 thn yg kls 1.di karenkan lg ada kesulitan keuangan. gmn cra utk mengaktifkn nya.dn bs di urus di kntor bpjs di daerah alamt sekrng apa hrus di bpjs jkrt tempt pendataran dl.

  2. sy tdk membyar iuran bpjs yg kls 1.dl masih 60 rb iuran nya per buln.sekitar 3 thn lebih.di krenakan ada kesulitan keuangan.bgmn status krt bpjs sy.sdh terblokirkah.gmn solusi nya.aoa sy hrs daftar br lg.aoa hrus mmbayar tunggakn

  3. Kalau misalkan nunggak selama bertahun tahun.. trus mau dilunasi di kantor pos apa bisa???
    Dan itu langsung aktif dengan sendirinya atau harus lapor dulu ke kantor bpjs terdekat???

  4. Saya peserta bpjs mandiri kelas 3 sudah 4 tahun ini kami menunggak pembayaran d karenakan keadaan yang sulit karna saya buruh harian lebas jadi saya inginy tahu brapa tunggakan saya sekeluarga dan bagaimana cara nya pindah dari mandiri k pbi.

  5. adik saya dapat kartu indonesia sehat, bpjs kesehatan ..belum pernah digunakan ..ketika akan digunakan utk rawat inap karna sakit lever kartu tidak aktif….
    apa yang saya lakukan untum mengaktifkan kembali?

  6. @Kusuma: Anda pelajari lagi sistem BPJS Kesehatan… Iuran BPJS terdapat 3 pilihan kelas sesuai dengan kemampuan, apabila tidak mampu maka bisa menjadi peserta PBI (solusinya). Semua bisa tertolong dengan sistem gotong royong ini….

  7. Saya juga termasuk orang yang nunggak selama kurang lebih 3 tahun setelah operasi sc anak saya 3 tahun lalu,bagaimana ya cara melunasinya dan cara pembayarannya saya mengikuti kelas 2,terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.