Kapan Iuran BPJS Harus dibayar?

Kapan Peserta Harus Bayar Iuran BPJS – Sebagai Warga Negara Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan diri dalam program jaminan kesehatan BPJS, daftarkan diri anda dan keluarga anda yang ada di dalam Kartu Keluarga bisa melalui pendaftaran online bpjs atau daftar langsung ke Kantor BPJS Kesehatan.

Kemudian setelah mendaftar setiap peserta memiliki kewajiban untuk membayar iuran premi rutin setiap bulan dengan besaran yang sesuai dengan kelas yang dipilih. Jika anda mendaftar pada kelas 1 bpjs maka anda bayar Rp 59.500/orang/bulan , jika kelas 2 bpjs maka bayar iuran Rp42.500/orang/bulan dan kelas 3 sebesar Rp25.500 (Iuran sebelum naik – Baca: Iuran BPJS Terbaru 2016)

Sesuai dengan topik pembahasan, sebagai peserta bpjs yang baru saja mendaftar biasanya banyak yang bertanya, kapan sih kita harus bayar iuran bpjs? setiap tanggal berapa? , Berdasarkan peraturan yang telah di buat oleh BPJS Kesehatan bahwa yaitu dibayarkan paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan kepada BPJS Kesehatan. Apabila tanggal 10 jatuh pada hari libur, maka iuran dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

Jika, anda terlambat membayar Iuran BPJS lebih dari 1 bulan maka akun keanggotaan akan di nonaktifkan sementara, namun tunggakan tetap berjalan, dan peserta akan dikenakan denda 2%, per bulan dari total iuran yang tertunggak dan ditanggung pemberi kerja. Tapi kabarnya Denda Keterlambatan juga dinaikan menjadi 2,5%.Adapun jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan, dan nilai denda paling tinggi adalah Rp 30 juta.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply