Jatuh Tempo Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

jatuh tempo bpjs kesehatan

Peserta BPJS memiliki kewajiban membayar iuran peserta setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih pada saat pendaftaran, yaitu Rp81.000 untuk kelas 1, Rp51.00 untuk kelas 2, dan Rp25.500 untuk kelas 3.

Bagi peserta yang menunggak bayar iuran dalam waktu 1 bulan lebih maka status bpjs milik peserta akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan, untuk bisa menggunakan kembali peserta harus melunasi tunggakan bpjs.

Peserta dapat melakukan pembayaran iuran melalui berbagai cara seperti bisa bayar lewat atm, bisa bayar lewat pihak ketiga seperti indomaret, alfamart, tokopedia, shopee atau pihak lain yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Jatuh Tempo Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Agar status bpjs kesehatan tidak di nonaktifkan karena telat bayar iuran maka peserta harus mengetahui kapan jatuh tempo pembayaran iuran BPJS, yaitu pembayaran iuran paling lambat pada tanggal 10 setiap bulannya.

Kalau lewat bagaimana??

Kalau lewat nya masih dibawah 1 bulan maka status masih tetap aktif dan bisa digunakan, namun untuk kelancarannya maka segera bayar sebelum tanggal 10 dibulan depannya. Kalau sampai lewat 1 bulan atau lebih maka status akan dinon aktifkan.

Jika dijumpai tanggal 10 tersebut pada hari libur maka iuran peserta dapat dibayarkan pada hari kerja berikutnya. Untuk memudahkan anda dapat melakukan pembayaran maka disarankan untuk menggunakan sistem autodebet saja.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.