Iuran BPJS Kesehatan Menunggak, Ini yang Harus Anda Lakukan !

Bayar Tunggakan Iuran BPJS

Terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan akan memberikan keuntungan bagi anda disaat sakit dan berobat, biaya pengobatan akan ditanggung BPJS. Untuk bisa mendapatkan itu tentunya peserta harus memenuhi prosedur yang berlaku, yaitu peserta harus berobat terlebih dahulu ke faskes 1.

Selain itu, yang menjadi poin penting adalah masalah iuran bpjs. Peserta diwajibkan untuk membayar iuran peserta rutin setiap bulan sebelum tanggal 10 (setiap bulannya). Namun, apabila anda tidak membayar iuran alias telat maka status kepesertaan anda akan diberhentikan sementara.

Jika menunggak iuran maka anda tidak bisa berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan sampai anda melunasi tunggakan dan status keanggotaan akan diaktifkan kembali. Tidak ada pilihan lain, ketika anda menunggak dan akan menggunakan BPJS maka anda harus melunasi tunggakan yang tertagih pada anda.

Namun perlu diketahui, jika anda mengaktifkan status keanggotaan yang telah menunggak dan langsung menggunakan BPJS sebelum 45 hari sejak status diaktifkan maka anda akan dikenakan 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan setiap bulan tertunggak dengan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan yaitu jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan atau maksimal Rp30 juta.

Baca Disini : Penjelasan Denda Keterlambatan Iuran BPJS

Maka dari itu, sebelum anda menggunakan BPJS Kesehatan maka hal yang harus anda lakukan adalah melunasi tunggakan yang ada. Dan Sebelum 45 hari sejak status diaktifkan karena menunggak maka anda jangan berobat menggunakan BPJS jika tidak ingin dikenakan denda seperti yang telah kami sebutkan diatas.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply