Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Pemerintah telah membentuk suatu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang asuransi jaminan kesehatan sosial bagi seluruh masyarakat, program tersebut adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial disingkat menjadi BPJS. 

Badan ini memiliki tugas seseuai dengan Undang – undang nomor 40 tahun 200 dan nomor 24 tahun 2011 dimana tugasnya yaitu menyelenggarakan jaminan sosial Indonesia, dan BPJS Merupakan Badan Hukum Nirlaba.

BPJS dibagi menjadi 2 yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, diantaranya memiliki beberapa berbedaan. Maka dari itu bagi anda yang ingin mengetahui perbedaan antara 2 BPJS tersebut simak beberapa penjelasan singkat berdasarkan Undang – Undang BPJS Nomor 24 Tahun 20011 pasal 6 yang berbunyi :

perbedaan bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan

perbedaan bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 5 ayat (20 huruf a menyelengarakan Program Jaminan Kesehatan. Sedangkan untuk BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana yang dimaksud dalam pasa 5 ayat (2) huruf b menyelenggarakan program : Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian.

Sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2011, Kehadiran BPJS menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang telah ada sebelumnya yaitu Askes diganti menjadi BPJS Kesehatan dan Jamsostek diganti menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Kami rasa sampai disini anda sudah mengerti perbedaan antara keduanya, simak penjelasan tambahan mengenai transformasi lembaga jaminan sosial sebelumnya menjadi BPJS.

Pada 1 Januar i2014 :

  • PT Askes bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan,
  • Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dari Jamsostek bertransformasi menjadi program JKN dari BPJS Kesehatan
  • Program JKN di wajibkan untuk Seluruh Warga Negara Indonesia

Pada 1 Juli 2015 :

  • PT. Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan.
  • Program yang dselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan adalah : Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian.
  • Program dari BPJS Ketenagakerjaan diwajibkan untuk seluruh pekerja penerima Upah.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply