Inilah 4 Kiat Agar Tidak Repot Saat Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Hadirnya BPJS Kesehatan membuat masyarakat menjadi lebih mudah saat berobat, tanpa harus mengeluarkan biaya, karena biaya pengobatan dan pemeriksaan akan ditanggung BPJS. Tapi walau begitu, masih banyak juga peserta yang mengeluh dan merasa direpotkan saat berobat menggunakan bpjs. Mulai dari anterian yang panjang sampai prosedur yang terlalu ribet.

Pada dasarnya jika anda mengetahui prosedur yang berlaku semua akan berjalan dengan lancar. Baiklah, kami disini akan menyampaikan beberapa kiat yang dapat anda ikuti saat berobat menggunakan kartu bpjs.

Berobat dengan BPJS
Berobat dengan BPJS

1. Silahkan Pergi ke Puskesmas / Faskes 1

Setiap orang akan mendapatkan kartu peserta BPJS, yang mana di kartu anda telah tertera nama faskes atau puskesmas yang menjadi tempat pertama yang harus didatangi saat hendak berobat menggunakan fasilitas bpjs kesehatan.

Lengkapi semua persyaratan berobat yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Kartu BPJS dll agar tidak bolak-balik. Pastikan anda pergi ke puskesmas pada pagi hari agar tidak menunggu antrian yang terlalu panjang.

Baca Juga : Berobat ke Puskesmas dengan BPJS

2. Minta Rujukan ke Rumah Sakit Terdekat

Jika masalah kesehatan anda dapat diselesaikan di faskes 1 maka anda tidak perlu dirujuk kerumah sakit. Akan tetapi jika faskes 1 tidak bisa menyelesaikan masalah kesehatan anda dikarenakan sumber daya yang terbatas, maka anda akan di rujuk ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Bicara soal rumah sakit rujukan, anda bisa coba bertanya kepada dokter yang merujuk apakah bisa memilih rumah sakit terdekat yang tidak terlalu ramai pasien. Rumah sakit ternama dan negeri biasanya memiliki banyak pasien yang datang untuk berobat.

3. Hubungi Rumah Sakit Rujukan Lewat Telepon

Setelah anda mendapatkan surat rujukan ke suatu rumah sakit lanjutan maka anda bisa menghubungi rumah sakit tersebut terlebih dahulu. Anda dapat menanyakan dimana tempat daftar dan anterian pasien BPJS yang berobat.

Dengan mengetahui lokasi tempat pendaftaran maka anda bisa langsung pergi ke lokasi tanpa harus buang-buang waktu mencarinya. Seperti yang telah disarankan kepada anda, silahkan anda datang pagi hari untuk menghindari anterian panjang, tapi jika memang mengharuskan anda pergi disiang hari maka apa boleh buat.

4. Bawa Semua Berkas Persyaratan yang diperlukan

Pada saat anda ingin berobat menggunakan BPJS pastikan anda membawa semua berkas persyaratan yang diperlukan, agar anda tidak repot bolak-balik mengambil berkas yang kurang. Berkas yang dibutuhkan diantaranya : Fotokopi KTP , kartu BPJS, Kartu Keluarga, dan berkas lainnya jika diperlukan.

Jangan hanya membawa 1 fotocopy saja, lebih baik anda membawa lebih agar jika terjadi hilang atau dibutuhkan, anda tidak kerepotan. dan anda juga perlu membawa berkas yang asli siapa tahu dibutuhkan. BPJS Kesehatan memang banyak prosedurnya. Tapi, jika anda datang pagi dan membawa semua berkas, anda tidak akan mengalami kesulitan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.