Hanya untuk Kelas 1 dan Kelas 2 yang Wajib Punya Rekening Bank Saat Daftar BPJS

Syarat Rekening ketika Daftar BPJS Kesehatan

Beberapa orang mengeluhkan dengan persyaratan pendaftaran BPJS Kesehatan, syarat yang dikeluhkan adalah setiap peserta yang akan daftar BPJS diwajibkan untuk memiliki rekening bank. Bank yang digunakan adalah Bank Mandiri, BNI dan BRI.

Sebenarnya semacam ini tidak perlu dibuat susah, karena jelas persyaratan tersebut dibuat ada maksud dan tujuannya untuk memudahkan anda sendiri. Tapi kami juga belum tahu apakah persyaratan itu masih tetap berlaku, karena pada saat kami mendaftar BPJS Syarat itu menjadi syarat wajib.

Kenapa? Karena waktu itu pembayaran Iuran BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan melalui 3 Bank tersebut. BPJS Kesehatan belum bekerjasama dengan Indomaeret, Alfamart atau Kantor POS perihal pembayaran iuran. Tapi kini pembayaran iuran sudah bisa dilakukan melalui 3 merchant tersebut, sehingga menjadi lebih mudah.

Jika memang syarat harus memiliki rekening bank itu masih berlaku, maka mau tidak mau anda harus membuka rekening terlebih dahulu. Tak perlu khawatir membuka rekening itu sangat mudah kok, apalagi rekening BRI cukup dengan setoran awal Rp20ribu – Rp50ribu anda sudah bisa memiliki rekening tabungan.

Untuk membuka rekening tabungan sebagai Syarat mendaftar BPJS, anda bisa pilih salah satu dari 3 jenis bank yang digunakan BPJS, anda bisa membuka rekening di Kantor Bank BRI, atau Kantor Bank Mandiri, atau Kantor Bank BNI. Tersedia juga berbagai macam jenis tabungan, tabungan yang mudah tanpa admistrasi bulanan yaitu Tabunganku.

Tabunganku di bank tersebut merupakan kerjasama OJK dengan pihak Bank untuk memudahkan masyarakat mewujudkan kesejahteraan dengan menabung. Ketika anda sudah memiliki rekening bank anda bisa langsung daftarkan ke BPJS Kesehatan, gunakan fasilitas autodebet yang langsung memotong saldo rekening untuk pembayaran iuran BPJS.

Dengan menggunakan autodebet maka Anda tidak akan mengalami keterlambatan bayar iuran. Kecuai jika saldo didalam rekening anda kosong, maka pembayaran autodebet akan gagal.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan selain Rekening Bank, juga perlu melengkapi Kartu Keluarga, KTP, Foto 3×6, Buku Nikah. Pendaftaran peserta harus mendaftarkan semua orang yang ada dalam kartu keluarga tersebut.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Apakah tidak apa apa rekening bank hanya dijadikan syarat saja dalam pendaftaran, ke depannya saya ingin membayr di indo alfa tidak menggunakan autodebet

  2. Mengapa orang sakit ginjal yg sdh lama hd dirumah sakit moewardi satu minggu dua kali hari selasa dan hari jumat dua hari sdh di rumah sakit ,bila transfusi tidak bisa langsung waktu hd mengapa harus mondok memakan waktu 3 hari mhn untuk dipertimbangkan karena pasiennya jauh dari rumah sakit klo orant hd yg membayar dari dana gotong royong kasihan klo hanya satu bulan 8 kali yg harus membayar orang 320 kali 25 000 kasihan harus mondok biaya tambah lagi dan ia klo yg sakit ginjal orang gak kerja dak ada wmasalah ,klovpasiennya kerja dan klo ngajar kasihan muridnya tolong kebijakan kembalikan semula ya waktu hd itu bisa langsung trasfusi tdk repot mtrnwn dan minta maaf lihat seperti di moewardi setiap hari segitu banyak nwn

  3. kami (suami istri) sudah terdaftar di bpjs melalui perusahaan…jika kartu keluarga suami dan istri masih terpisah, bagaimana caranya mendaftarkan calon bayi?

  4. Selamat siang

    Perkenalkan nama saya,Ardi kuncoro pertanyaan saya ? Apakah bisa persalinan normal menggunakan bpjs kesehatan,tanpa melalui faskes 1 terlebih dulu & langsung di rumah sakit bersalin.apakah itu nanti bisa di tanggung oleh bpjs kesehatan.

    Terima kasih

Tinggalkan Komentar