Gatal di Sekitar Selangkangan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selangkangan merupakan bagian yang sering kali terasa gatal, tak sedikit orang yang mengalami hal ini. Ada banyak penyebab yang bisa membuat selangkangan anda terasa gatal, bisa karena terjadi infeksi, iritasi, alergi, dan yang paling sering adalah tumbuh jamur karena selengkangan yang lembab.

Tentu hal ini sangat menggangu sekali, bahkan terkadang tanpa disadari membuat kita melakukan sesuatu hal yang memalukan (menggaruk didepan umum). Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengatasi gatal pada selangkangan ini.

Sebelum kita melanjutkan ke topik bagaimana cara mengatasinya, kami akan menjelaskan beberapa penyebab terjadinya gatal di sekitar selangkangan, dengan mengetahui penyebabnya maka kita bisa mengatasi gatal disekitar selangkangan dengan mudah.

Gatal diselangkangan
Gatal diselangkangan

Adapun beberapa penyebab gatal pada area selengkapan sebagai berikut :

1. Karena Infeksi Jamur

Gatal pada selangkangan sering disebabkan karena infeksi jamur, munculnya jamur dapat disebabkan karena kurang menjaga kebersihan pada kulit terutama jika dibiarkan lembab. Misal : Setelah mandi atau buang air tidak handukan, selangkangan dibiarkan berkeringat tidak segera dibersihkan.

Warna jamur yang tumbuh di area selangkangan yaitu merah-coklat sampai kehitaman, bentuknya seperti pulau dalam peta, kulit mengelupas dan bersisik, akan terasa gatal ketika berkeringat. Anda harus segera mengatasinya, karena jika tidak akan menjalar kebagian lain.

2. Peradangan Kulit

Peradangan atau dalam medis disebut dengan Intertrigo (dermatitis) yang hanya mempengaruhi lipatan kulit. Intertrigo disebabkan karena terjadi iritasi akibat gesekan antara kulit dan pakaian, kemudian kelembapan kulit dapat memperburuk keadaan. Gejalanya yaitu kulit kemerah-merahan, rasa seperti terbakar, gatal-gatal dilipatan kulit (termasuk area selangkangan).

3. Infeksi Bakteri

Ketika kulit mengalami infeksi seperti infeksi intertrigo maka kulit akan lebih rentan terhadap infeksi bakteri. Kulit yang terkena infeksi bakteri biasanya ditandai dengan rasa gatal, berwarna kemerah-merahan, dan yang parah bisa berakibat nanah dan dapat menimbulkan rasa nyeri. Bagian kulit yang sering terkena infeksi bakteri yaitu area selangkangan, apabila tidak bisa menjaga kebersihan dan kelembapan kulit.

4. Scabies 

Scabies adalah peradangan kulit yang disebabkan karena kutu Sarcoptes scabei. Bagian yang sering dihinggapi kutu ii yaitu di bagian perut dan selangkangan. Kulit yang terkena gigit kutu ini akan memutih seperti panu namun bersisik. Biasanya akan terasa gatal saat malam hari, tak hanya anda sendiri bahkan keluarga anda pun bisa ikut merasakan gatal.

5. Reaksi alergi

Reaksi kimia juga bisa saja terjadi ketika anda menggunakan suatu zat-zat tertentu seperti sabun, deterjen, krim, salep, pelembab kulit dll. Bagui anda yang alergi terhadap suatu zat kimia maka cukup hentikan saja penggunaannya. Iritasi yang terjadi akan berangsur pulih, namun anda tetap perlu menjaga kebersihan dan kulit tetap kering, agar tidak terinfeksi bakteri dan jamur.

6. Penyebab Lain

Selain 5 poin diatas, gatal pada selangkangan dapai disebabkan karena kutu kemaluan, anda mengalami diabetes, karena tingginya kadar gula dapat menimbulkan gatal pada selangkangan dan bahkan dapat memperburuk keadaan.

Baca Juga : 10 Gejala Kencing Manis

Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan :

Jika anda saat ini mengalami gatal-gatal pada area selangkangan maka identifikasi dulu penyebabkan, apakah penyebab gatal yang anda alami disebabkan oleh poin-poin yang telah kami sebutkan diatas? Selanjutnya anda bisa mengikuti tips berikut ini.

  • Jika gatal disebabkan karena jamur maka anda dapat mengobatinya dari luar dengan krim anti camur
  • Anda bisa juga pengobatan dari dalam menggunakan obat minum.
  • Gatal karena Infeksi bakteri maka anda memerlukan antibiotik.
  • Gatal karena Scabies maka anda perlu obat anti scabies, bisa anda dapatkan di apotik.
  • Anda juga bisa mengoleskan bagian yang gatal dengan Madu Kaliandra.
  • Untuk meredakan rasa gatal anda bisa minum obat anti gatal
  • Gunakan pakaian atau celana dapat yang lebih longgar untuk mengurangi lembab dan panas
  • Keringkan Selangkangan dengan handuk sampai kering sehabis mandi atau buang air
  • Jangan menggunakan pakaian atau celana milik oranglain
  • Hindari produk pembersih atau pelembab kulit yang menyebabkan iritasi kulit.
  • Jangan garuk bagian yang gatal dengan berlebihan.
  • Anda bisa kompres dengan air dingin atau es pada area yang gatal.

Demikian penjelasan dari kami mengenai penyebab dan cara mengatasi gatal pada area selangkangan. Semoga dapat bermanfaat dan membuat anda menjadi lebih baik, salam sehat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.