Cara Pindah Status Peserta BPJS dari Mandiri ke Perusahaan

Pindah Status dari Mandiri ke PPU

Seluruh Masyarakat Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan seluruh anggota keluarga dalam 1 kartu keluarga untuk menjadi peserta bpjs kesehatan. Mendaftar bpjs terdapat 3 kategori, yaitu bisa melalui jalur PBI (Penerima Bantuan Iuran), PBPU / Mandiri, PPU atau Perusahaan. 

Jika anda bekerja sebagai salah satu pegawai disebuah perusahaan maka anda bisa menjadi peserta PPU yang pertanggung jawabannya akan ditanggung perusahaan tersebut. Pendaftaran menjadi peserta bpjs jalur ppu akan dilakukan oleh perusahaan tersebut, khusus bagi anda yang sebelumnya sudah menjadi peserta mandiri maka dapat mengalihkan status peserta dari mandiri ke perusahaan.

Ada yang tanya kepada kami, bagaimana caranya untuk pindah dari peserta mandiri ke peserta ppu? Untuk pindah status dari PBPU ke PPU sangat mudah, anda harus memenuhi persyaratan berikut :  KTP, Foto 3×4, Kartu Keluarga , Kartu BPJS Anda , silahkan serahkan pada HRD perusahaan anda yang bertugas untuk mendaftarkan para pegawai menjadi peserta bpjs ppu, setelah anda terdaftar menjadi peserta ppu maka iuran akan ditanggung sebagian oleh perusahaan.

Persyaratan Pindah Status dari Mandiri ke Perusahaan

  1. Foto Copy serta asli Kartu Keluarga ( KK )
  2. Foto Copy serta Asli KTP
  3. Foto Copy Serta Asli ID / Kartu BPJS
  4. Foto ukuran 3×4 kurang lebih sebanyak 3 Lembar.

Tapi ada juga perusahaan yang mempersulit pindah status dari mandiri ke pertanggungjawaban ke perusahaan tempat anda bekerja, dengan alasan NIK telah terdaftar dan anda tidak bisa mendaftar melalui perusahaan, jika ini terjadi dengan anda maka anda dapat melaporkan ke kantor bpjs kesehatan/ketenagakerjaan dengan membawa seluruh persyaratan tersebut untuk meminta surat pernyataan untuk pindah status menjadi peserta ppu dari perusahaan tempat anda bekerja.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Pertama saya daftar saya sudah tanyain.saya cuma di suruh transfer 3 kali masing2 80rb.tanpa dikasi no virtual

  2. Pak saya pendaftar baru. Saya mendaftarkan juga anak dan istri saya. Namun saya cuma di kasi print aut 1 lembar hanya atas nama saya yg tertera yg harus di bayar 80rb. Saya bertanya terus untuk anak istri saya gimana cara bayarnya. Dr pihak bpjs menyuruh saya untuk 3 kali melakukan transaksi dengan nominal 80rb per transaksi jadi total 240rb. Namun menggunakan 1 rekening.apa prosesnya seperti itu? Terimakasih

Leave a Reply