Cara Menyampaikan Keluhan Layanan BPJS Kesehatan

keluhan-bpjs

BPJS Kesehatan merupakan sebuah perusahaan BUMN yang mengelola dan menjalankan program jaminan kesehatan nasional bagi seluruh warga negara indonesia. Dengan begitu mendaftar menjadi peserta bpjs menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bangsa indonesia.

Bagi masyarakat yang tidak mendaftarkan diri dan anggota keluarganya untuk menjadi peserta bpjs maka akan dikenakan sanksi administrasi negara, yaitu masyarakat yang tidak mendaftar tidak bisa membuat pelayanan publik seperti membuat KTP baru, membuat Sim, membuat kartu keluarga dll.

Pendaftaran bpjs dapat dilakukan di kantor bpjs dan online dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Peserta bpjs dapat memilih kelas kepesertaan sesuai dengan kamampuan, karena untuk masing – masing kelas memiliki besar iuran yang berbeda, untuk kelas 1 Rp80 ribu, kelas 2 Rp51 ribu dan kelas 3 Rp25500.

BPJS merupakan perubahan dari lembaga asuransi kesehatan (Askes), bagi yang sudah memiliki askes maka tidak perlu lagi daftar bpjs, anda hanya perlu merubah statusnya di kantor bpjs dan tetap membayar iuran bulanan sebagai kewajibannya.

Sebuah layanan publik tentu tidak terlepas dari yang namanya kekurangan, jika peserta bpjs memiliki keluhan terhadap bpjs maka bisa menyampaikan keluhannya dengan menghubungi nomor call center bpjs di 1500400. Karena banyak yang menghubungi nomor tersebut maka banyak peserta mengalami kesulitan untuk bisa terhubung dengan bpjs.

Kami menyarankan kepada anda untuk menyampaikan keluhan terhadap bpjs melalui situs resmi Lapor.Go.id yang langsung di tujukan kepada bpjs kesehatan. Selain itu anda juga bisa menghubungi bpjs melalui sosial media (twitter, facebook dll), atau datang langsung ke kantor bpjs pada jam kerja.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

26 COMMENTS

  1. Saya beberapa kali berobat ke faskes 1, prima medika mojosari mojokerto. Dari pengobatan yg diberikan hanya utk 2 hari saja. Apakah memang kebijakan bpjs utk memberikan pengobatan hanya 2 hari saja ? Sy datang berobat ke bpjs faskes 1 ga pernah sembuh tuntas, dan diminta 2 hari berikutnya periksa lagi. Kapan sy bisa kerja normal klo tiap 2 hari harus periksa ke dokter ?
    Sy sudah sampaikan keluhan lewat mobile jkn, kok ga ada tanggapan yaa ?

  2. Mohon jawaban apakah seorang PNS d wajibkan menggunakan BPJS Ketenaga Kerjaan. Pernah teman satu kantor dalam melaksanakan di lapangan terjadi insiden. Kemudian kami bawa ke RS terdekat. Sama pihak RS meminta BPJS Tenaga kerja dikarenakan alasan itu kecelakaan kerja. Padahal kami sejak tahun 1999 sudah menjadi PNS pengguna ASKES beberapa kali insiden tetap dilayani dari pihak RS, sekarang apakah harus begitu aturannya. Berarti pengabdian kmi petugas lapangan yg jauh dr pusat kota harus d bebani dgn BPJS Ketenagaan Kerjaan segala. Apakah ASKES / BPJS kami sdh tidak mengcover kecelakaan kami PNS kecelakaan dalam melaksanakan tugas lg sekarang??????

  3. Saya seorang pns yg otomatis gaji saya tiap bulan di potong utk pembayaran bpjs tetapi pihak cust bpjs di kota saya menyuruh utk membayar tunggakan pdhl saya selalu bayar tiap bulan akhirnya setelah kesalahpahaman pihak bpjs mengaktifkan kembali bpjs saya tetapi ketika saya berobat ke klinik saya ditolak karena bpjs saya belum terdaftar disana
    Bagaimana dengan pelayanan pegawai bpjs yg sangat lalai tidak memuaskan dan ketika dtg kekantor cabang pun pegawai tidak ramah seperti tidak menghargai masyarakat pdhl kami yg membayar

  4. Saya keluarga pemegang BPJS kasus nya adalah bapak saya dirawat di rumah sakit siaga Medika Banyumas dirawat sesuai kelas nya yaitu kelas 2 cerita akhir bpk saya di rawat di rawat inap kelas2 karena suasananya kurang enak maka bpk saya naik kelas ke kamar kelas1 cuma 2 malam pada akhir nya bpk saya di pulangkan karena kondisinya membaik tetapi saya berusaha membayar kelebihan naik kelas yaitu Rp 3600.000 di itung nya dari awal masuk pertama kerumahnya sakit aturannya apakah seperti itu

  5. Saya seorang dokter subspesialis fetomaternal di rsud ciawi kab bogor. Mohon dapat dibantu untuk proses layanan fetomaternal di rs tersebut. Begitu banyak kasus-kasus yang mengancam nyawa ibu dan janin yang perlu kita bantu di bidang fetomaternal. Semoga mendapat perhatian

  6. note The full stack trace of the root cause is available in the JBoss Web/7.0.13.Final logs.
    JBoss Web/7.0.13.Final
    Link bpjs kenapa seperti ini…tidak ada perbaikan sampai sekarang
    Peserta yg sudah daftar sudah cetak kartu pembayaran masih ditanguhkan
    Mohon kejelasannya

  7. Saya baru saja melakukan pendaftaran BPJS kesehatan online,
    Saya sudah mendapatkan No. Virtual Account, tapi sudah 2 hari ini gagal terus, apa harus melakukan pembayaran dengan menggunakan ATM sendiri?

  8. BPJS saya 1kk sudah menunggak 4th, saat ini sy mau melunasi yg tagihan atas nama sy sj, untuk anggota keluarga yg lain belum di lunasi, apakah sy bisa memakai fasilitas bpjs sy setelah sy melunasi tagihan yg punya sy saja?
    mohon jawabannya,

    Terimakasih

  9. Pelayanannya jelek bgt hampir semua staf judes. Apa karna pake BPJS gratis jd pasien ga berhak dpt pelayanan yg bagus???

  10. Maaf saya mau nanya kenapa tagihan bulan ini kok jd 2pst pdhl sy byr tghn selalu 3pst dan biaya prmbyrn bln ini knp jd berbeda y

  11. Kenapa bpjs saya g bisa bayar bolak balik indomaret g bisa tranfer rek jg g bisa padahal udah tgl 8 takutnya kena denda trus hrs gimana

  12. saya telat bayar bpjs kesehatan 1 bulan , telat bulan oktober, & bulan november ini saya lunasi

    Bpjs saya u/ kelas 2, biasa tiap bulan 105.000/kartu .
    saya dan istri total 210.000,

    tapi hari ini jadi 300.000 .

    ini perhtungan dendanya seperti apa ya?

  13. YTH @CS BPJS Tolong Perbaiki Link untuk Pencetakan e-ID BPJS, saya yang telah melakukan pembayaran tidak bisa membuka link tersebut malah link yang saya dapat seperti ini :

    HTTP Status 500 –

    type Exception report

    message

    description The server encountered an internal error () that prevented it from fulfilling this request.

    exception

    java.lang.NullPointerException
    com.askes.peserta.dao.master.impl.DatPesertaWebDaoImpl.getPesertaWebKKBYCekSum(DatPesertaWebDaoImpl.java:1716)
    com.askes.peserta.service.master.impl.MasterServiceImpl.getPesertaWebKKBYCekSum(MasterServiceImpl.java:3087)
    com.askes.external.FrmActivation.doAfterCompose(FrmActivation.java:135)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.doAfterCompose(UiEngineImpl.java:578)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild0(UiEngineImpl.java:880)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild(UiEngineImpl.java:826)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate0(UiEngineImpl.java:735)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreateChild(UiEngineImpl.java:797)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate0(UiEngineImpl.java:757)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execCreate(UiEngineImpl.java:699)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execNewPage0(UiEngineImpl.java:442)
    org.zkoss.zk.ui.impl.UiEngineImpl.execNewPage(UiEngineImpl.java:356)
    org.zkoss.zk.ui.http.DHtmlLayoutServlet.process(DHtmlLayoutServlet.java:215)
    org.zkoss.zk.ui.http.DHtmlLayoutServlet.doGet(DHtmlLayoutServlet.java:136)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:734)
    javax.servlet.http.HttpServlet.service(HttpServlet.java:847)

    note The full stack trace of the root cause is available in the JBoss Web/7.0.13.Final logs.
    JBoss Web/7.0.13.Final

    Mohon segera @CS BPJS yang terkait untuk memperbaiki link situsnya, sebelumnya saya ucapkan terimaksih.

  14. keluhan yang saya sampaikan khusus poliklinik Kebidanan & kandungan bersarkan informasi tgl 24 maret 2017 yang bertugas sip pagi adalah dr.dafid, mhon kepada BPJS sebagai penyelenggaran supaya melakukan evaluasi terkait seluruh keluhan yang disampaikan dr peserta tentunya unt perbaikan ke depan yang lebih baik, terkait hal yang sy alami spy melakukan teguran kpd manajemen RS spy dokter tepat waktu dalam mbr pelayanan kita sdh mksakan kewajibab giliran hak kita seperti pelayanannya ..

  15. permasalahan yanh selalu di alami oleh peserta BPJS termasuk saya adalah lambatnya pelayanan yang di berikan mulai dari pendaftaran antriannya bisa sampai 3 jam itupun kalau Dokternya tidak meninggalkan tempat sebelum jam bertugasnya selesai, seperti yang saya alami di RS awal Bros Kota Makassar sudah menunggu sampai 3 jam giliran nmor antrian di panggil petugasnya mengatakan bahwa dokter sudah tidak menerima pasien artinya pelayanan telah di tutup padahal dari informasi dari petugas kesehatan setempat bhw pelayanan terdiri dari tiga sip yaitu pagi, siang dan malam artinya pelyanan di buka sampai 24 jam dalam hal ini dokter seenaknya saja meninggalkan tugasnya. hari kedua saya datang jam 07.30 dengan keadaan yang sama menunggu sampai 3 jam lebih giliran sdh melakukan pendaftaran eh ternyata dokternya belum datang berdasarkan informasi yg sy dapatkan dr perawat jadwalnya jam 9 TETAPI DOKTERNYA BELUM DATANG MASIH DI JALAN TUNGGU SAJA, dan skrg jam sy sudah menunjukkan jam 10.55

  16. kenapa bpjs saya berubah jadi penerima bantuan apbd,, padahal dari dulu bpjs yang saya punya ikut suami.. kenapa bisa berubah????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.