Cara Menyampaikan Keluhan Layanan BPJS Kesehatan

keluhan-bpjs
keluhan-bpjs

keluhan-bpjs

BPJS Kesehatan merupakan sebuah perusahaan BUMN yang mengelola dan menjalankan program jaminan kesehatan nasional bagi seluruh warga negara indonesia. Dengan begitu mendaftar menjadi peserta bpjs menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bangsa indonesia.

Bagi masyarakat yang tidak mendaftarkan diri dan anggota keluarganya untuk menjadi peserta bpjs maka akan dikenakan sanksi administrasi negara, yaitu masyarakat yang tidak mendaftar tidak bisa membuat pelayanan publik seperti membuat KTP baru, membuat Sim, membuat kartu keluarga dll.

Pendaftaran bpjs dapat dilakukan di kantor bpjs dan online dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Peserta bpjs dapat memilih kelas kepesertaan sesuai dengan kamampuan, karena untuk masing – masing kelas memiliki besar iuran yang berbeda, untuk kelas 1 Rp80 ribu, kelas 2 Rp51 ribu dan kelas 3 Rp25500.

BPJS merupakan perubahan dari lembaga asuransi kesehatan (Askes), bagi yang sudah memiliki askes maka tidak perlu lagi daftar bpjs, anda hanya perlu merubah statusnya di kantor bpjs dan tetap membayar iuran bulanan sebagai kewajibannya.

Sebuah layanan publik tentu tidak terlepas dari yang namanya kekurangan, jika peserta bpjs memiliki keluhan terhadap bpjs maka bisa menyampaikan keluhannya dengan menghubungi nomor call center bpjs di 1500400. Karena banyak yang menghubungi nomor tersebut maka banyak peserta mengalami kesulitan untuk bisa terhubung dengan bpjs.

Kami menyarankan kepada anda untuk menyampaikan keluhan terhadap bpjs melalui situs resmi Lapor.Go.id yang langsung di tujukan kepada bpjs kesehatan. Selain itu anda juga bisa menghubungi bpjs melalui sosial media (twitter, facebook dll), atau datang langsung ke kantor bpjs pada jam kerja.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


5 Comments

  1. permasalahan yanh selalu di alami oleh peserta BPJS termasuk saya adalah lambatnya pelayanan yang di berikan mulai dari pendaftaran antriannya bisa sampai 3 jam itupun kalau Dokternya tidak meninggalkan tempat sebelum jam bertugasnya selesai, seperti yang saya alami di RS awal Bros Kota Makassar sudah menunggu sampai 3 jam giliran nmor antrian di panggil petugasnya mengatakan bahwa dokter sudah tidak menerima pasien artinya pelayanan telah di tutup padahal dari informasi dari petugas kesehatan setempat bhw pelayanan terdiri dari tiga sip yaitu pagi, siang dan malam artinya pelyanan di buka sampai 24 jam dalam hal ini dokter seenaknya saja meninggalkan tugasnya. hari kedua saya datang jam 07.30 dengan keadaan yang sama menunggu sampai 3 jam lebih giliran sdh melakukan pendaftaran eh ternyata dokternya belum datang berdasarkan informasi yg sy dapatkan dr perawat jadwalnya jam 9 TETAPI DOKTERNYA BELUM DATANG MASIH DI JALAN TUNGGU SAJA, dan skrg jam sy sudah menunjukkan jam 10.55

    • keluhan yang saya sampaikan khusus poliklinik Kebidanan & kandungan bersarkan informasi tgl 24 maret 2017 yang bertugas sip pagi adalah dr.dafid, mhon kepada BPJS sebagai penyelenggaran supaya melakukan evaluasi terkait seluruh keluhan yang disampaikan dr peserta tentunya unt perbaikan ke depan yang lebih baik, terkait hal yang sy alami spy melakukan teguran kpd manajemen RS spy dokter tepat waktu dalam mbr pelayanan kita sdh mksakan kewajibab giliran hak kita seperti pelayanannya ..

  2. kenapa bpjs saya berubah jadi penerima bantuan apbd,, padahal dari dulu bpjs yang saya punya ikut suami.. kenapa bisa berubah????

Leave a Reply