Tanya-Jawab : Bisakah Kartu BPJS digunakan di Kota Lain?

Kartu BPJS digunakan di Kota Lain

Peserta Bertanya : Saya Mau bertanya apakah kartu bpjs hanya berlaku pada daerah masing-masing? msalahnya kartu bpjs saya tidak dilayani di daerah lain. Mohon konfirmsinya terima kasih?

Admin Menjawab: Salam sehat untuk anda, saat ini apakah dikota lain sedang berkunjung atau peserta sudah pindah tempat tinggal? bisa sebutkan no.kartu JKN-KIS dan atas namanya?-

Peserta : Saat ini saya sedang berkunjung di kota lain (Manokwari), ini no. kartu BPJS saya : 0002133xxxx68 An. Indra Harahap

Admin : Jika anda sedang berkunjung di kota lain, anda bisa menggunakan kartu bpjs ke faskes tingkat 1 setempat. Batas maksimal 3 kali kunjungan  Jika peserta tinggal di daerh tersebut lebih dari 1 bulan maka disarankan untuk ubah faskes.

Peserta : Apakah itu aturan bpjs kesehatan? Sebab, pihak rumah sakit menolak kartu bpjs saya dan mengharuskan saya pindah kependudukan, padahal saya di kota ini hanya berkunjung dan saya mengalami gangguan kesehatan (sakit).

Admin: Benar, Perlu anda ketahui bahwa peserta tidak bisa langsung kerumah sakit sekalipun itu digunakan di daerah sendiri. Anda harus ke faskes 1 terlebih dahulu. Untuk bisa ke RS yang sudah kerja sama harus ada rujukan dari faskes 1, kecuali dalam keadaan darurat.

Baca juga: Cara menggunakan kartu bpjs di kota lain

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...