Cara Mengetahui Kehamilan dengan Test Pack

test-pack-kehamilan-onemed Foto dari : Prayogafamily.com

Ingin mengetahui anda hamil atau tidak? Kehamilan seorang istri sangat dinantikan bagi setiap pasangan, untuk mengetahui kehamilan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang paling mudah dan instan yaitu cek kehamilan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack.

Testpack adalah suatu alat yang bentuk nya berupa strip yang dirancang untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak. Alat uji kehamilan ini akan mengukur hormon hCG yang terdapat pada urine. Hormon hCG diproduksi setelah sel telur mengalami pembuahan dan menempel pada dinding rahim.

Kadar hCG akan meningkat tajam ketika seorang wanita dalam kondisi hamil, umumnya hCG dapat terdeteksi menggunakan testpack sekitar 6 hari setelah pembuahan atau diukur saat seorang wanita telat datang bulan.

Test pack terdapat 2 jenis yaitu pengecekan menggunakan usampel rine dan pengecekan menggunakan sampel darah. Biasanya testpack yang paling banyak digunakan dan tersedia di klinik yaitu testpack yang digunakan untuk menguji kadar hormon hCG menggunakan sampel urine.

Baca Juga : Waktu yang tepat cek kehamilan menggunakan Testpack

Begini Cara Menggunakan Testpack untuk Mengetahui Kehamilan

Hampir semua merek test pack memberikan petunjuk atau cara penggunaan yang sama.

Salah satunya test pack onemed, ia menuliskan petunjuk pemakaian dibalik kemasan yaitu menyuruh pengguna untuk menampung urine kedalam sebuah wadah bersih (disarankan : urine di pagi hari). Setelah sampel urine dimasukan kedalam wadah bersih, lalu celupkan stik testpack kedalam urine sampai batas maksimal yang telah ditentukan.

Ada merek lain yang memberikan pentujuk dimana pengguna supaya menampung urine kedalam wadah kemudian urine di ambil menggunakan pipet dan diteteskan pada testpack.

Intinya testpack harus bersentuhan dengan urine, hasil dapat ditunggu dalam beberapa menit kemudian. Dimana akan muncul strip pada alat test pack yang anda gunakan sebagai hasil dari .

Jika muncul 2 strip baik itu dalam kondisi samar maka sebagian besar hasilnya hamil, jika hanya muncul 1 strip maka hasilnya negatif (tidak hamil), sedangkan jika tidak muncul strip sama sekali itu artinya rusak. Hasil terkadang bisa saja berubah maka untuk memastikan ulang anda disarankan untuk mengulanginya lagi 1 minggu kemudian.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply