Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Baru Lahir

Cegukan bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga bisa dialami oleh bayi, termasuk bayi yang baru lahir sekalipun. Terkadang kondisi seperti ini sering kali membuat para orangtua baru bingung, mencari solusi bagaimana cara mengatasi cegukan pada si kecil.

Menurut dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, Cegukan atau hiccups dalam bahasa medis disebut singultus yaitu terjadi kontraksi pada diafragma secara tiba-tiba. Sehingga timbul hisapan udara secara mendadak yang masuk ke dalam paru-paru melewati ruang antara pita surata (glottis), itu alasan mengapa cegukan menimbulkan suara hiks yang khas.

Cegukan Pada Bayi
Cegukan Pada Bayi

Beberapa prilaku yang dapat merangsang terjadinya kontraksi pada diafragma diantaranya minum air terlalu dingin, makan terlalu cepat, makan makanan yang pedas atau panas, tertawa atau batuk terlalu keras.

Lantas bagaimana mengatasi cegukan pada bayi?

Cegukan pada bayi merupakan hal yang normal dan wajar terjadi, tapi bagi bayi yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux akan lebih sering mengalami cegukan. Pastikan cegukan pada bayi tidak menggangu makan dan tidur si kecil.

Cegukan pada bayi normal biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau hilang pada saat tidur.  Tapi  apabila cegukan menyebabkan bayi muntah, batuk dan rewek yang tidak terkendali maka sebaiknya orangtua berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga : Penyebab Cegukan pada Bayi

Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu menghilangkan atau mencegah cegukan pada bayi, misalnya :

  • Selalu memonitor bayi saat menyusu untuk memastikan ia minum dengan perlahan-lahan.
  • Pastikan saat menyusui ibu dalam keadaan tenang dan tidak terlalu bersemangat.
  • Mengubah posisi menyusui dan mencoba menenangkan si kecil.
  • Sering bersendawa saat menyusu merupakan salah satu cara efektif untuk menghentikan cegukan.
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.