4 Cara Cek Tagihan Iuran BPJS Kesehatan

cara cek tagihan iuran bpjs

Peserta BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk bayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih dan jumlah keluarga yang terdaftar. Jika telat bayar maka status bpjs akan dihentikan sementara.

Kalau sudah di non aktifkan maka kartu bpjs tidak bisa digunakan untuk berobat sampai peserta yang bersangkutan melunasi tagihan iuran. Tagihan maksimal 12 bulan + 1 bulan aktif, jadi jika telat sampai 5 tahun bayar tagihan hanya 1 tahun saja.

Peserta harus sering kontrol kapan harus bayar iuran dan berapa iuran yang harus dibayar. Sekarang peserta dapat cek tagihan iuran dengan mudah dan cepat melalui beberapa opsi seperti sms, website, aplikasi dan atm.

Untuk mengetahui berapa besar dari jumlah tagihan atau iuran yang harus dibayar setiap bulan maka peserta bisa melalui mengecek tagihan iuran melalui beberapa cara sebagai berikut:

1. Cek Tagihan Iuran lewat SMS

Saya seperti fitur sms banking, peserta juga dapat melakukan cek tagihan iuran hanya dengan mengirimkan sms sesuai format yang telah ditentukan. Adapun format sms untuk cek tagihan iuran bpjs adalah sebagai berikut :

TAGIHAN NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN kirim ke 087775500400 (contoh: TAGIHAN 0001260979209). Sementara untuk mengetahui format penulisan pesan pada layanan SMS gateway BPJS Kesehatan, cukup dengan mengetik HELP lalu kirim ke 087775500400.

2. Cek Tagihan Iuran lewat Website

BPJS Kesehatan memiliki situs resmi yang dapat diakses oleh setiap peserta untuk mendapatkan berbagai informasi seperti syarat daftar bpjs, download formulir pendaftaran atau perubahan data dan cek tagihan iuran.

  • Silahkan akses halaman situs resmi BPJS di bpjs-kesehatan.go.id
  • Selanjutnya pilih menu Cek Iuran
  • Masukan data yang diminta ke kotak tersedia mulai nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian klik Cek
  • Rincian pembayaran akan muncul pada layar

3. Cek Tagihan Iuran BPJS lewat ATM

Selain untuk ambil uang ATM juga bisa difungsikan untuk cek tagihan iuran bpjs. Anda bisa cek tagihan iuran melalui ATM BRI, BNI dan Mandiri. Ikuti step demi step, dan masukan nomor peserta maka tagihan anda akan muncul.

4. Aplikasi

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi resmi di perangkat Android yang bernama Mobile JKN. Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play ini bisa pula dimanfaatkan untuk cek iuran bulanan dengan cara sebagai berikut:

  • Download dan instal aplikasi Mobile JKN bagi yang belum memiliki
  • Buka aplikasi tersebut kemudian login
  • Pada halaman selanjutnya tap Tagihan
  • Untuk melihat rincian informasi tagihan tap Premi
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...