Berapa Lama Pasien BPJS menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit?

Lama Rawat Inap

Sebelum menjalani rawat inap disebuah rumah sakit, peserta bpjs harus mengikuti prosedur yang berlaku sesuai dengan peraturan bpjs yang telah dibuat pemerintah. Karena memang BPJS merupakan program jaminan kesehatan yang melayani masyarakat yang diatur sesuai dengan aturan.

Apa saja peraturan yang harus di ikuti?

Tentunya peserta harus dalam status keanggotaan aktif, tidak memiliki tunggakan iuran, dan anda tidak dalam waktu 45 hari setelah di aktifkan karena telat atau menunggak dalam pembayaran iuran, karena anda bisa dikenakan denda 2,5% dari biaya rawat inap.

Peserta harus mengikuti prosedur berobat yaitu menggunakan sistem rujukan berjenjang, yaitu peserta harus berobat terlebih dahulu ke faskes 1 yang telah tertera pada kartu bpjs (puskesmas / klinik), maka untuk rawat inap dirumah sakit perlu mendapatkan rujukan dari dokter di faseks 1.

Kecuali peserta yang sakit dalam kondisi gawat darurat, maka tidak perlu ke faskes 1 untuk mendapat rujukan, melainkan diperbolehkan langsung ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan bpjs dengan membawa kartu bpjs yang di milikinya.

Dengan begitu peserta bpjs dapat menjalani rawat inap di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan bpjs setelah mendapat rujukan dari faskes 1. Ruang perawatan (rawat inap) disesuaikan dengan kelas kepesertaan yang dipilih, karena ruang rawat inap kelas 1 , kelas 2 dan kelas 3 itu berbeda.

Berapa Lama Pasien BPJS menjalani Rawat Inap di Rumah Sakit?

Sesuai dengan pertanyaan yang diajukan mengenai waktu sampai kapan peserta bpjs menjalani rawat inap di rumah sakit, kabar yang beredar bahwa peserta bpjs hanya di beri waktu selama 5 hari saja. Tapi berdasarkan informasi langsung yang telah di publikasikan di media menyatakan bahwa :

Lama rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan tidak ada batasan waktu, Seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan medis.” Apabila pasien dipulangkan oleh pihak rumah sakit dengan alasan administrasi maka anda perlu melaporkan ke BPJS Kesehatan melalui Lapor.go.id dengan menyebutkan :nama rumah sakit, nama pasien, waktu pasien opname secara detil, agar kami bisa mengecek kebenaran klaimnya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply