Belum Pernah Pakai BPJS, Uang Iuran Peserta Kemana?

Belum pernah pakai BPJS untuk berobat

Menjadi Peserta BPJS merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia untuk membantu saudara kita lainnya yang sedang sakit. Peserta diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Untuk kelas 1 iurannya sebesar Rp80.000

Untuk Kelas 2 iurannya sebesar Rp51.000

Untuk kelas 3 iurannya sebesar Rp25.500

Apabila tidak mampu maka disarankan untuk mendaftar BPJS melalui jalur PBI (Penerima Bantuan Iuran), dimana akan terdaftar pada kelas 3 dan iurannya akan dibayar oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial.

Ada pertanyaan kepada kami, “Bagaimana kalau kita sudah buat kartu bpjs kesehatan dan selama 3 tahun belum pernah dipakai untuk berobat dan selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran iuran setiap bulan. uang iuran kita diarahkan kemana selama 3 tahun?”

Baiklah, jika anda memiliki pertanyaan yang sama, berikut ini adalah hal yang perlu anda ketahui bahwa :

Iuran BPJS Kesehatan adalah bersifat gotong royong, maka jika peserta tidak menggunaaknnya maka akan berguna untuk oranglain yang membutuhkan pelayanan kesehatan. BPJS Kesehatan bukan investasi sehingga tidak bisa di cairkan.

Demikian informasi mengenai pertanyaan yang saat ini sedang anda ajukan, semoga informasi ini dapat memberikan pencerahan bagi anda dalam mengikuti program kesehatan dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Maaf pak..saya punya bpjs sudah 1th tidak dibayar karena ketidakmampuan. Katanya kalau dikemudian tahun saya punya rumah atau beli tanah akan disita pemerintah…buat lunasi tunggakan bayar bpjs

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.