Pendaftaran Bayi Dalam Kandungan Tidak Berlaku Lagi

bayi baru lahir daftar bpjs kesehatan

Dalam Peraturan BPJS No 23 Tahun 2015 peserta Mandiri dapat mendaftarkan bayi dalam kandungan menjadi peserta BPJS selambat-lambatnya 14 hari sebelum dilahirkan atau usia kehamilan 7-8 bulan.

Namun peraturan tersebut sudah tidak berlaku sejak adanya Peraturan Presiden no.82 tahun 2018, dimana pendaftaran bayi dalam kandungan sudah tidak berlaku lagi.

Peserta Mandiri yang saat ini sedang mengandung atau hamil tidak perlu mendaftarkan bayi yang ada di dalam kandungan. Sehingga jika orangtua ingin mendaftarkan bayi nya maka pendaftaran bayi dapat dilakukan setelah bayi lahir.

Diberikan batas waktu 3×24 jam hari kerja sejak kelahiran bayi atau sebelum peserta pulang dari rumah sakit, perwakilan anggota keluarga dalam 1 KK datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan bayi yang sudah lahir.

Persyaratan Mendaftarkan Bayi Baru Lahir :

  1. KTP suami-istri asli dan foto copy,
  2. KK asli dan foto copy,
  3. Kartu JKN KIS,Surat keterangan lahir,
  4. Buku tabungan rekening salah satunya Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA

Bayi akan terdaftar di kelas yang sama dengan orangtua, sehingga jika orangtua terdaftar di kelas 2 maka bayi juga akan masuk ke kelas 2 dan memiliki kewajiban yang sama untuk membayar iuran sebesar Rp51.000 per bulan.

Sehingga apabila bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan medis maka tetap akan ditanggung BPJS Kesehatan, dengan syarat pihak keluarga telah mengurus pendaftaran bayi tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI